Pemerintah Tetapkan Hari Raya Idul Adha 1445 H Jatuh pada 17 Juni 2024

Widya Michella
Pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Foto ilustrasi Masjid/Freefik

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pemerintah telah menetapkan Idul Adha 1445 Hijriah jatuh pada Senin, 17 Juni 2024. Keputusan ini diambil dalam sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Jumat, 7 Juni 2024.

Sidang isbat memutuskan bahwa awal bulan Zulhijah jatuh pada Sabtu, 8 Juni 2024. Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki menyatakan, "Disepakati bahwa 1 Zulhijjah jatuh pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 Masehi. Insya Allah Idul Adha 10 Zulhijjah jatuh pada 17 Juni 2024."

Sidang isbat dihadiri oleh perwakilan ormas Islam, duta besar negara sahabat, dan jajaran Kemenag. Acara dimulai dengan seminar mengenai posisi hilal yang disampaikan oleh Cecep Nurwendaya, pakar astronomi dari Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kementerian Agama.

Cecep menjelaskan bahwa hilal telah mencapai ketinggian antara 7 hingga 10 derajat, yang melebihi kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) yaitu ketinggian hilal 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat. Kriteria ini merupakan pembaruan dari sebelumnya, yaitu ketinggian hilal 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat.

Dengan demikian, Idul Adha tahun ini akan dirayakan pada Senin, 17 Juni 2024, berdasarkan hasil sidang isbat tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network