Serangan Israel di Rafah, Indonesia Desak Lakukan Penyelidikan Menyeluruh

Anton Suhartono
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di forum keamanan dialog Shangri-La Singapura, Sabtu (1/6/2024). Foto IG Prabowo Subianto

SINGAPURA, iNewsPandeglang.id - Indonesia menegaskan pentingnya melakukan penyelidikan menyeluruh terkait serangan Israel di Rafah, jalur Gaza, Palestina. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto di forum keamanan dialog Shangri-La Singapura, Sabtu (1/6/2024).

Penyelidikan menyeluruh atas bencana kemanusiaan di Rafah, Jalur Gaza, Palestina, menurutnya sangat penting. Apalagi pada kenyataannya, pasukan israel yang mengerahkan tank dan pasukan ke perbatasan dengan Mesir menimbulkan keprihatinan serius terkait eskalasi konflik dan potensi dampak kemanusiaan di Rafah, Jalur Gaza.

Serangan terhadap tenda pengungsi di Tal Al Sultan, Rafah, yang dilakukan oleh pasukan Zionis pada Minggu lalu sangatlah mengkhawatirkan. Tindakan tersebut sangat brutal dan tidak manusiawi, mengakibatkan banyak pengungsi terluka atau bahkan meninggal dunia. 

Sikap yang diumumkan oleh presiden terpilih RI, yakni kesiapan untuk merawat 1.000 warga Gaza yang menjadi korban perang, menunjukkan komitmen Indonesia dalam memberikan bantuan kemanusiaan. Langkah tersebut menegaskan bahwa Indonesia tidak hanya berbicara, tetapi juga bertindak nyata untuk membantu mereka yang membutuhkan perlindungan dan perawatan medis akibat konflik di Palestina.

"Mengevakuasi, menerima, dan merawat hingga 1.000 pasien dengan perawatan medis (dari Gaza),"vujar Prabowo dikutip dari Reuters.

Fakta bahwa rumah sakit di Gaza yang dikelola oleh LSM MER-C berhenti beroperasi penuh setelah dihancurkan oleh pasukan Zionis menunjukkan dampak langsung dari konflik tersebut terhadap layanan kesehatan dan kemanusiaan di daerah tersebut. 

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network