APEKSI Dinilai Punya Peran Penting untuk Kemajuan Kota di Indonesia

Epul Galih
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian turut hadir dalam Rapat Kerja Komisariat Wilayah III APEKSI pada Jumat, 17 Mei 2024, di Ballroom Hotel De Margo Depok, Jawa Barat. Foto Diskominfo Cilegon

Selain itu, agenda kedua adalah pembahasan terkait penentuan tuan rumah untuk rapat kerja Komwil III APEKSI tahun 2025. Helldy meminta kepada anggota APEKSI untuk menjaga kekompakan, karena kolaborasi antar-kota menjadi prinsip utama dalam mencapai hasil yang maksimal. Rekomendasi yang dihasilkan diharapkan dapat bermanfaat dan akan diperjuangkan sebagai usulan secara nasional.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, menekankan bahwa keberadaan APEKSI merupakan manifestasi nyata dari kolaborasi antara para pemimpin kota. Menurutnya, banyak masalah yang dihadapi oleh setiap kota dapat diselesaikan melalui kerja sama lintas batas.

Idris menyatakan bahwa saat ini adalah era kolaborasi, di mana kerja sama lintas batas menjadi kunci dalam inovasi dan penyelesaian masalah perkotaan. Dia menyoroti pentingnya APEKSI karena lebih dari 50 persen penduduk Indonesia tinggal di perkotaan. Kesuksesan pembangunan sebuah kota, menurutnya, tidak dapat dicapai hanya dengan egoisme, tetapi membutuhkan kolaborasi yang solid.

Idris mendorong perubahan paradigma berpikir dan bertindak dari egosistem menjadi ekosistem, dari pendekatan pragmatis menjadi sistematis, dan dari perilaku eksklusif menjadi inklusif. "Hal ini diharapkan dapat menciptakan kekuatan yang lebih besar dalam mewujudkan kesejahteraan kota."

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network