Wali Kota Helldy Ungkap TPSA Bagendung Olah Sampah Jadi Bahan Bakar Co-firing Pertama di Indonesia

Epul Galih
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian saat di acara City Sanitation Summit (CSS) XXII Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi), Selasa (7/5/2024). Foto Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengungkapkan bahwa TPSA Bagendung di Kota Cilegon telah berhasil mengolah sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) yang digunakan sebagai bahan bakar co-firing di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Pihaknya meyakini hal tersebut merupakan pencapaian pertama di Indonesia dalam pengelolaan sampah menjadi energi alternatif dengan skala yang signifikan.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian kepada ratusan peserta City Sanitation Summit (CSS) XXII Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi), Selasa (7/5/2024). Helldy mengungkapkan kebanggaannya atas partisipasi yang tinggi, dengan 166 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia telah mendaftar, serta total 610 peserta terdaftar. Selain itu, 24 kepala daerah telah hadir dalam acara tersebut. 

Lebih lanjut Helldy menyampaikan bahwa proyek persampahan co-firing di Kota Cilegon menjadi yang pertama dan terbesar di Indonesia. Sebanyak 70 kabupaten/kota telah melakukan kunjungan untuk mempelajarinya. Proyek ini melibatkan penggunaan sampah sebagai bahan bakar pendamping batu bara dengan harga yang sama seperti batu bara yang biasanya digunakan oleh PLTU. 

Menurut Helldy, program pengelolaan sampah menjadi BBJP yang akan digunakan sebagai pengganti batu bara atau untuk co-firing di TPSA Bagendung. BBJP ini akan dimanfaatkan oleh PLTU Suralaya milik PT Indonesia Power. Helldy juga mengundang peserta untuk mengunjungi TPSA Bagendung dan akan memberikan informasi secara langsung mengenai proses pengelolaan sampah tersebut, termasuk bentuknya dan kemana hasilnya dijual.

“Nanti akan kami tunjukkan (Pengelolaan Sampah TPSA Bagendung-red). Jadi, bapak-bapak jangan sampai tidak mengunjungi sampahnya, kita sudah siapin. Nanti kita akan sampaikan caranya, bentuknya dan dijualnya kemana. Kita akan uraikan secara langsung,” kata Helldy melalui siaran pers diterima.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network