Catat Tanggalnya, Kemenhub Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2024 Tanggal Segini

Sigit Angki Nugraha
Ilustrasi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024. Foto Pemotor Menumpuk di Pelabuhan Ciwandan pada Lebaran 2023. dok. iNewsPandeglang.id

Untuk daerah tujuan terbanyak, data survei menunjukkan bahwa Jawa Tengah menduduki posisi pertama dengan persentase 31,8%, yang setara dengan 61,6 juta orang. Diikuti oleh Jawa Timur dengan persentase 19,4% atau sekitar 37,6 juta orang, dan Jawa Barat dengan persentase 16,6% atau sekitar 32,1 juta orang. Ini menunjukkan bahwa sebagian besar pemudik Lebaran menuju ke wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sementara itu, minat masyarakat terhadap penggunaan angkutan untuk mudik Lebaran menunjukkan bahwa kereta api menjadi pilihan terbanyak dengan persentase 20,3% atau sekitar 39,32 juta orang. Disusul oleh bus dengan persentase 19,4% atau sekitar 37,51 juta orang, mobil pribadi dengan persentase 18,3% atau sekitar 35,42 juta orang, dan sepeda motor dengan persentase 16,07% atau sekitar 31,12 juta orang.

Puncak arus mudik dan arus balik diprediksi terjadi pada tanggal-tanggal tertentu, yang dapat mempengaruhi tingkat kemacetan di jalan raya. Berdasarkan survei dan data yang ada, perkiraan puncak hari mudik diprediksi terjadi pada H-2 atau Senin, 8 April 2024, yang merupakan dimulainya cuti bersama. Potensi pergerakan pada hari tersebut diperkirakan mencapai 26,6 juta orang, atau sekitar 13,7%.

Sementara itu, perkiraan puncak hari balik diprediksi terjadi pada H+3, yaitu Minggu, 14 April 2024. Pada hari tersebut, potensi pergerakan mencapai 41 juta orang, atau sekitar 21,2%. 

Untuk menghindari kemacetan dan memastikan perjalanan mudik Anda berjalan dengan nyaman, disarankan untuk menghindari melakukan perjalanan pada tanggal-tanggal tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network