Simulasi Gempa M8,5 dan Tsunami, Warga Anyer Panik Berhamburan Cari Tempat yang Lebih Tinggi

Iskandar Nasution
Simulasi gempa berkekuatan M8,5 dan tsunami mengguncang wilayah Anyer, Banten, membuat ratusan warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang lebih tinggi. Foto iNews/Iskandar Nasution

Menurutnya, salah satu cara yang dia pelajari adalah dengan cara berlindung dan bertahan di reruntuhan rumah sebelum berlari ke tempat yang lebih tinggi jika terjadi air laut naik atau bencana tsunami.

Sementara  Kolonel Laut (P) Arif Rahman, Danlanal Banten menjelaskan bahwa , kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan seluruh pihak dalam memahami sistem mitigasi penanggulangan bencana dan meminimalkan dampak korban jiwa akibat potensi terjadinya bencana.

"Latihan ini melibatkan sejumlah instansi seperti Basarnas Banten, Polairud, PMI, RAPI, dan puluhan masyarakat sekitar," ujarnya.

Pihak TNI AL berharap agar seluruh pihak yang terlibat dapat memahami gambaran sistem mitigasi penanggulangan bencana alam, mencegah secara dini, dan meminimalkan dampak korban jiwa, harta benda, serta sarana dan prasarana akibat bencana alam yang terjadi.

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network