ASDP Terapkan Layanan Tiket Ferry Online yang Terintegrasi dengan Ferizy Mulai Besok

Iskandar Nasution
Layanan tiket ferry online bisa melalui aplikasi tiket.com. foto istimewa

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Kerja sama antara PT ASDP Indonesia Ferry dan Tiket.com pastinya akan memudahkan banyak orang dalam merencanakan perjalanan liburan akhir tahun. Seperti menyambut liburan akhir Tahun periode Natal 2023 & Tahun Baru 2024, ASDP secara resmi menjalin kerja sama dengan Online Travel Agent (OTA) terkemuka di Indonesia, Tiket.com.

Kerja sama strategis antara PT ASDP Indonesia Ferry dan Tiket.com, terutama dalam penjualan tiket dan brand campaign, memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan layanan dan aksesibilitas bagi pengguna jasa. Semoga kolaborasi ini memberikan kemudahan bagi pelanggan selama liburan Natal dan Tahun Baru mendatang.

Kerja sama strategis dalam hal penjualan tiket ferry & brand campaign melalui platformTiket.com sebagai wujud komitmen ASDP yang terus menghadirkan dan meningkatkan value layanan kepada pelanggannya. Layanan pada Tiket.com tersebut akan resmi dapat digunakan pengguna jasa pada Senin (11/12), dimana hal ini akan semakin memudahkan pengguna jasa dalam mengakses pembelian tiket ferry pada perjalanan libur Natal dan Tahun Baru yang akan dimulai pekan depan.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin menjelaskan bahwa digitalisasi sebagai pilar utama dalam transformasi perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry merupakan langkah yang cerdas. Penerapan teknologi, khususnya dalam pembelian tiket ferry secara online, tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga memberikan kenyamanan bagi pelanggan. 

Menurut Shelvy, kolaborasi antara PT ASDP Indonesia Ferry dan Tiket.com, yang mencakup potensi cross-selling produk, menunjukkan komitmen untuk menyediakan layanan yang komprehensif bagi pelanggan. Dukungan dari Kementerian Perhubungan dan YLKI menegaskan pentingnya langkah ini dalam memenuhi kebutuhan dan arahan pemerintah terkait digitalisasi penjualan tiket online. 

"Apalagi, gaya hidup masyarakat saat ini lebih suka memanfaatkan layanan transaksi secara daring. Masyarakat akan semakin mudah, cepat, dan aman dalam mendapatkan tiket ferry dan berkesempatan mendapatkan berbagai promo dari Tiket.com. Harapannya, kolaborasi kedua belah pihal ini menghasilkan experience yang baik serta dapat meningkatkan kepuasan pengguna jasa dalam menggunakan jasa moda transportasi ferry," ujar Shelvy melalui siaran pers, Minggu (10/12/2023).

Pada tahap awal, kerja sama ini akan diimplementasikan di empat pelabuhan utama ASDP, yaitu Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk. Dengan langkah ini, ASDP berusaha memperluas jangkauan saluran penjualan tiket ferry, memberikan lebih banyak pilihan metode pembelian serta peningkatan keterjangkauan informasi bagi pelanggan. Melalui platform Tiket.com, pelanggan dapat dengan mudah mengetahui jadwal, harga, dan fasilitas ferry yang disediakan oleh ASDP selain melalui Ferizy.

Tentu, harapan untuk dampak positif dari kemitraan dengan Tiket.com sangat relevan. Dengan kemudahan dan kecepatan dalam membeli tiket penyeberangan, diharapkan masyarakat sebagai pelanggan ASDP dapat merasakan manfaat langsung. Selain itu, efektivitas dan efisiensi transaksi pembelian tiket ferry juga akan memberikan kontribusi positif bagi ASDP dalam menjalankan operasionalnya. 

Shelvy kembali mengimbau kepada pengguna jasa agar wajib bertiket maksimal H-1 keberangkatan. Saat ini sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan, tiket ferry juga sudah dapat dibeli sejak H-60 sebelum keberangkatan. 

"Kepada seluruh pengguna jasa yang akan melakukan perjalanan pada periode Libur Natal dan Tahun Baru khususnya di lintas utama Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, agar persiapkan perjalanan dari jauh hari karena penjualan tiket telah dibuka sejak H-60. Pastikan membeli tiket penyeberangan secara mandiri dari sekarang melalui aplikasi Ferizy, dan mohon tidak membeli tiket melalui calo," tegasnya.

Dan mulai Senin (11/12) ini, ASDP resmi menerapkan radius pembatasan area pembelian tiket ferry online menjelang Posko Natal 2023 & Tahun Baru 2024. Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 28 Tahun 2016 tentang Kewajiban Penumpang Angkutan Penyeberangan Memiliki Tiket, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik, serta Surat Dirjen Hubdat AP.406/1/5/DJPD/2023 perihal Penataan Layanan Pemesanan Tiket Elektronik di Sekitar Pelabuhan.

Tujuan dari penentuan radius ini adalah untuk menciptakan pelabuhan dan angkutan penyeberangan yang handal dan berkualitas. "Ketika pembatasan area berjualan tiket ini berlaku, maka pengguna jasa sudah tidak dapat melakukan pembelian tiket pada radius tertentu menuju atau di dekat Kawasan Pelabuhan. Aktivitas pembelian akan terbaca melalui GPS telepon seluler, dimana ketika pengguna jasa mengakses Ferizy saat berada di radius dekat pelabuhan, dipastikan tidak akan dapat melakukan pemesanan dan pembelian tiket," ujar Shelvy merinci.

ASDP menghimbau agar pengguna jasa memastikan melakukan reservasi dan pembelian tiket sejak jauh hari dan telah bertiket sebelum berangkat menuju Pelabuhan. Pastikan juga koneksi dan fitur GPS Location telah aktif supaya tidak ada kendala saat memesan tiket. 

Adapun radius pembatasan aksesibilitas pembelian tiket adalah sebagai berikut.

1. Dari sisi terluar Pelabuhan Merak ke Hotel Pesona Merak atau sekitar 4,71 km.

2. Dari sisi terluar Pelabuhan Bakauheni ke Balai Karantina Pertanian atau sekitar 4,24 km.

3. Dari sisi terluar Pelabuhan Ketapang ke Terminal Sritanjung atau sekitar 2,65 km.

4. Dari sisi terluar Pelabuhan Gilimanuk ke Terminal Kargo atau sekitar 2 km.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network