Jaga Habitat Agar Tidak Punah, Bocah Pesisir Pantai Pandeglang Diedukasi Cara Bikin Rumah Lobster

Iskandar Nasution
Demi melestarikan habitat lobster di Pandeglang, Banten bocah-bocah di pesisir pantai diedukasi cara membangun rumah lobster yang diletakkan di habitat lobster. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Demi melestarikan habitat lobster di Pandeglang, Banten  bocah-bocah di pesisir pantai diedukasi cara  membangun rumah lobster yang diletakkan di habitat lobster. Hal itu bertujuan untuk menjaga habitat lobster agar tidak punah.

Aneka jenis lobster yang sedang bertelur dilepasliarkan di karang buatan tersebut agar nantinya anak cucu mereka meraup hasil dari berkembangbiaknya lobster di daeranya.


Keterangan foto dari kiri ke kanan Risno bersama Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, penggagas rumah lobster. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Diketahui, di kawasan perairan banten dikenal sebagai habitatnya udang batu atau lobster seperti di kawasan Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Banten ini. Banyak nelayan yang kini beralih profesi sebagai pemburu hewan bercangkang keras ini. Maraknya perburuan tidak sebanding dengan perkembangbiakan lobster itu sendiri.

Agar lobster dapat terus hidup dan berkembang,  warga memberikan edukasi kepada anak-anak tentang bagaimana menjaga kelestarian lobster  dengan membuat terumbu karang buatan. Terumbu karang yang terbuat dari semen dengan bentuk lonceng tersebut, biasanya sangat disukai lobster.

Dengan dibantu pihak TNI,budidaya alami dengan metode pembuatan rumah bagi lobster diharapkan dapat membuat lobster bisa berkembang biak dengan pesat. Warga juga membawa pakan lobster berupa kerang laut yang nantinya akan ditempatkan di terumbu karang buatan tersebut.

Risno salah seorang warga mengatakan, dengan menerapkan rumah tempat tinggal lobster diharapkan lobster dapat tumbuh dan berkembang biak. "Di dalam rumah lobster tersebut sudah disediakan pakan berupa kerang laut yang hidup dan juga akan berkembang didasar laut," ujarnya saat ditemui tim iNews baru-baru ini.


Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, penggagas rumah lobster. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

"Metode rumah lobster ini diharapkan dapat ditiru oleh warga lain agar lobster didaerah mereka tidak punah," tambahnya.

Sementara Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, penggagas rumah lobster mengatakan, pembuatan rumah lobster ini diharapkan dapat menjadi rumah bagi lobster untuk tumbuh kembangnya hewan tersebut. " Diharapkan warga mau melakukan hal yang sama dan tidak selalu memburu lobster untuk penghasilan keluarga," katanya.

Ada beberapa jenis lobster yang dilepasliarkan di Perairan Tanjungjaya ini di antaranya lobster pasir, batik, bambu, pakistan dan lobster mutiara. 

Saat ini baru ada 18 terumbu karang buatan yang disiapkan dan rencananya jika program ini berhasil akan ada banyak terumbu karang lain yang akan di tanam di dasar laut Pandeglang. Diharapkan anak-anak dapat meneruskan budidaya lobster dengan cara membuat rumah lobster ini.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network