Hijaukan Pesisir Banten, Pelindo 2 Regional Banten Tanam Mangrove Seluas 25 Hektare

Epul Galih
PT Pelindo Regional 2 Banten melakukan penanaman mangrove di pesisir Kampung Tematik Bahari Nusantara Pulau Cangkir, Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten. Foto Istimewa

"Mangrove memiiki 4-5 kali penyerapan karbon untuk iklim dibandingkan dengan tanaman lainnya dan 22 persen atau seluas 3.500 Hektar mangrove yang ada di Indonesia dan yang menjadi perhatian adalah salah satunya ada di Kabupaten Tangerang yang banyak terdampak akibat abrasi dai laut, oleh karena itu diharapkan bantuan program ini di tahun-tahun mendatang dapat terus berjalan dan berkelanjutan," katanya lagi.

Diketahui, Desa Kronjo sendiri merupakan lokasi pemberdayaan hutan mangrove, diharapkan pengembangan kawasan pesisir pantai tersebut bisa dilaksanakan secara efektif melalui kerjasama dari berbagai pihak. 

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pelindo Regional 2 Banten atas bantuannya sudah menjalankan program kelestarian lingkungan untuk penyerahan bibit mangrove sebanyak 44.000 batang," ujar H. Makdis Adhari, Ketua Kelompok Mangrove Pulau Cangkir.

Dia berharap bantuan ini dapat membantu masyarakat pesisir dan kelompok tani sekitar dalam melindungi dari potensi abrasi laut, sehingga usaha lainnya yang dapat dikembangkan yaitu tambak dan hasil pertanian disekitar pesisir pantai dapat maksimal.

"Tentunya dengan kerjasama dengan masyarakat sekitar sehingga hasil tersebut kita jadikan aset menjadi omset untuk menjadi produk unggulan mangrove Pulau Cangkir dalam rangka meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” pungkasnya.

Acara disambut oleh perangkat Desa Lontar dan Kelompok Mangrove Pulau Cangkir (Mapuca), acara pun dimulai dengan sambutan dari Manager Keuangan & SDM Pelindo Banten Dudung Abdul Aziz, RHL BPDAS Citarum Ciliwung Rini Asniar selaku Analis Data dan H. Makdis Adhari Ketua Kelompok Mangrove Pulau Cangkir serta ditutup dengan diskusi tentang potensi pengembangan daerah setempat. 

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network