Populasi Badak Jawa di TN Ujung Kulon Diduga Menjadi Target Perburuan Liar, KLHK Beri Perhatian

Epul Galih
Balai Taman Nasional Ujung Kulon. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Adanya temuan warga membawa senjata api rakitan masuk secara ilegal, terdeteksi di daerah semenanjung Taman Nasional Ujung Kulon memunculkan dugaan ada perburuan liar Badak Jawa baru-baru ini. Berita tersebut cukup menyita perhatian masyarakat khususnya di Banten.

Selain itu, sejumlah kamera trap yang hilang dan adanya  tulang belulang badak yang ditemukan di TNUK menambah dugaan kuat populasi Badak Jawa di Taman Nasional Ujung Kulon menjadi target perburuan liar.

Pihak Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) mencurigai adanya perburuan liar terhadap binatang yang dilindungi tersebut. Saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Polda Banten sudah menetapkan enam orang warga di sekitar kawasan TNUK sebagai tersangka kepemilikan senjata api ilegal. Meski begitu, petugas terus melakukan pengembangan lebih lanjut.


Press Conference Ungkap Kasus Satuan Tugas Operasi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) tentang Kepemilikan Senjata Api Tanpal Izin / llegal bersama Polda Banten. Foto instagram @btn_ujung_kulon

 

Pada Selasa, 15 Agustus 2023 telah digelar Press Conference  "Ungkapan Kasus Satuan Tugas Operasi Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) tentang Kepemilikan Senjata Api Tanpal Izin / llegal" yang dipimpin langsung oleh Dirjen Gakum KLHK dan Setditjen KSDAE dengan didampingi oleh Direktur Kriminal Umum Polda Banten juga Kabid Humas Polda Banten serta Direktur Pencegahan Pengamanan Ditjen Gakum KLHK dan Kepala Balai TNUK.

BTNUK menyatakan bahwa operasi gabungan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap perburuan satwa liar oleh masyarakat. 

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network