Fenomena Langka! 20 April 2023 Bakal Ada Gerhana Matahari Hibrid di Indonesia, Apa itu?

Epul Galih
Gerhana Matahari. Foto ilustrasi/Dok

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Fenomena langka gerhana matahari hibrid pada 20 April 2023 bakal berlangsung. Masyarakat Indonesia bisa  menyaksikan fenomena alam yang jarang terjadi ini, namun tentu diimbau melihatnya dengan menggunakan kacamata yang khusus.

Mungkin masih banyak masyarakat  yang bingung apa itu gerhana matahari hibrid?. Dikutip dari info BMKG gerhana matahari hibrid adalah peristiwa gerhana matahari total dan cincin yang terjadi secara berurutan dalam fenomena alam gerhana. Gerhana matahari ini terbilang langka. Meski demikian posisi pengamat juga mempengaruhi besar magnitudo gerhana  yang akan teramati.

Disebutkan BMKG pengamatan kedua gerhana tidak dapat dilakukan secara bersamaan dan di lokasi yang sama. Tanggal 20 April 2023 nanti ada peristiwa gerhana matahari hibrid.

"Kita bisa lihat langit beda banget, kayak di film-film sci-fhi gitu.Tapi  ingat jangan pernah memandang langsung matahari tanpa perlindungan mata yang tepat ya!," tulis BMKG dalam instagram @infoBMKG dikutip Sabtu (15/4/2023).

Dikatakanya hampir di seluruh Indonesia bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari sebagian, namun untuk wilayah utara Provinsi Aceh ini tidak dapat mengamati. Sementara untuk gerhana matahari total akan terjadi  di Biak puncaknya pada pukul 13. 57 WIT selama 1 menit 2 detik dan P. Kisar pada pukul 13.22 WIT selama 1 menit 2 detik.

Adapun untuk wilayah lainnya dalam gambar berikut ini :

 


Foto IG @infoBMKG


Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network