7 Tips Anger Management alias Mengendalikan Emosi yang Bisa Kamu Terapkan

Milati Azmiawati
7 Tips Anger Management alias Mengendalikan Emosi yang Bisa Kamu Terapkan (Foto : Freepik)

Jakarta, iNewsPandeglang.id - Apakah Anda tipikal orang yang mudah emosi dan marah? atau Anda mengenal seseorang yang seperti itu. Jika iya, tandanya Anda harus mempelajari teknik Anger Management, sebuah istilah psikologi yang cukup populer akhir-akhir ini. Lantas apa sih tujuan dan manfaat yang didapat dalam menerapkan kiat-kiat tersebut?

Anger Management adalah upaya untuk mengurangi dan mengendalikan amarah, dimana seseorang mencoba fokus pada hal-hal yang bisa dikontrol dan dilakukan seperti bagaimana ia bereaksi pada masalah yang dihadapi alih-alih berfokus pada pemicu kemarahan yang ada diluar kendali.

Dilansir dari laman Mayo Clinic pada Jumat (27/01/) berikut 7 tips anger management yang bisa kamu terapkan.

1. Berpikirlah Sebelum Anda Berbicara 

Di emosi berada di puncak, sangat mudah bagi seseorang untuk mengatakan sesuatu yang nantinya akan disesali. Maka dari itu, luangkan waktu sejenak untuk menata pikiran sebelum mengatakan apa pun. Pada situasi seperti itu, izinkan orang lain untuk membantu menenangkan, sampai Anda benar-benar siap menghadapi permasalahan tanpa adanya rasa marah dan emosi yang menggebu-gebu.

2. Setelah Merasa Tenang, Ungkapkan Kekhawatiran Anda

Setelah berpikir jernih, coba ungkapkan rasa frustrasi Anda dengan cara yang tegas tetapi tidak konfrontatif. Nyatakan kekhawatiran dan kebutuhan Anda dengan jelas secara langsung, tanpa intensi untuk menyakiti orang lain ataupun berusaha untuk mengendalikan mereka.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi stres yang dapat menyebabkan Anda menjadi marah. Jika Anda merasa amarah Anda meningkat, lakukan jalan cepat atau lari. Atau luangkan waktu untuk melakukan aktivitas fisik lain yang menyenangkan.

4. Beri Waktu Jeda

Istirahat sejenak dari rutinitas dan hal-hal yang membuat stres. Memberi jeda dapat membantu Anda merasa lebih siap untuk menangani masalah sekaligus menetralisir emosi negatif yang ada.

5. Temukan Solusi yang Memungkinkan

Cobalah bersikap realistis tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda ubah. Ingatkan diri Anda bahwa kemarahan tidak akan memperbaiki apa pun dan hanya akan memperburuk keadaan. Alih-alih berfokus pada apa yang membuat Anda marah, berusahalah untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

6. Jangan menyimpan dendam

Memaafkan adalah sebuah kekuatan, Jika Anda membiarkan kemarahan dan perasaan negatif lainnya mengalahkan perasaan positif, Anda mungkin akan larut dalam kepahitan atau rasa ketidakadilan. Maka maafkanlah seseorang yang membuat Anda marah. Setidaknya hal itu akan memberikan rasa damain untuk diri anda sendiri.

7. Lepaskan Ketegangan dengan Humor

Bagi sebagian orang, humor dapat membantu merilis situasi tegang. Di saat anda marah, mungkin karena ekspektasi anda tidak sesuai dengan realita, hal ini bisa membantu. Tapi perlu diingat, hindari bentuk humor sarkasme yang mungkin akan melukai perasaan dan memperburuk keadaan.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network