Alasan Pria Suka Berbohong Pada Pasangannya saat PDKT, Ini Penjelasan Psikologi

Wiwie Heriyani
Ilustrasi (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id – Pernakah dalam suubuhan hubungan anda merasakan suka dibohongi oleh seorarang pria? Sebagian pasangan, pria dikenal suka berbohong dan Sebagian besar mengakuinya karena pernah merasakan hal yang sama.

Kebohongan pria dilakukan salah satunya saat pria sedang mendekati wanita incarannya. Berbohong, termasuk soal pencapaian dirinya menjadi salah satu jurus jitu bagi pria untuk melancarkan usaha pendekatan alias PDKT.

Dilihat dari sisi psikologis, diungkap Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, kaum pria ternyata memang punya kecenderungan untuk berbicara ‘lebay’, aliassedikit melebih-lebihkan dari fakta aslinya, terutama jika sedang berhadapan dengan wanita.

“Tujuannya adalah untuk membuat lawan jenis atau pasangan kagum dan tertarik dengan dirinya,” ujar Ikhsan, dikutip dari laman Klikdokter, Selasa, (18/10/2022).

“Hal itu sangat biasa dilakukan oleh pria,” lanjutnya.

Ikhsan menuturkan, pria biasanya lebih sering berbohong tentang tindakan yang pernah dilakukannya. Nah, tipe kebohongan ini justru berbanding terbalik dengan kaum wanita, yang cenderung suka berbohong soal perasaannya.

Tujuannya untuk menjaga perasaan orang-orang di sekitarnya dan meraih keuntungan untuk dirinya sendiri sendiri. Jadi, menutupi atau berbohong memang sering dipilih kaum Adam pria untuk melindungi atau menguntungkan dirinya sendiri, membuat orang lain terkagum-kagum dan tertarik, serta tidak menyakiti perasaan orang sekitarnya.

Disebutkan lebih lanjut, umumnya pria yang memiliki ‘jam terbang’ tinggi cenderung mahir dalam merangkai dan merekayasa kata, akan memulai aksinya dengan cerita yang lebih sederhana dan tanpa gestur yang mencurigakan

“Mereka akan terlihat jago apabila lawan bicaranya adalah orang yang polos, jarang berbohong dan tidak punya pengalaman pahit soal dibohongi,” terang Ikhsan.

Meski demikian, hal ini bukan berarti kaum Hawa sama sekali tidak bisa atau tidak pernah berbohong. Hanya saja, kalau dibandingkan pria, wanita cenderung tidak tega untuk berbohong.

Dilihat dari segi tingkat kemahiran, antara pria dan wanita sama saja karena yang membedakan hanyalah frekuensi atau intensitas berbohong pada pria yang lebih sering.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network