Harus Tahu dan Jangan Dianggap Sepele, Ini Beberapa Pantangan saat Mendaki Gunung Ciremai

Nurul Amanah
Pantangan Saat Mendaki Gunung Ceremai. Foto Gunung Ciremai/foto IG

Jangan ganggu jalak dan tawon hitam

Tak heran jika sedang mendaki gunung, Anda menemukan beberapa jenis binatang. Kalau mendaki Gunung Ceremai, ada dua jenis binatang yang keberadaannya dianggap misterius, yaitu jalak hitam dan tawon hitam. Si jalak hitam dikenal sebagai binatang penjemput. Sementara tawon hitam keberadaannya bisa dibilang cukup mengganggu. Jangan sekali-kali Anda mengusik keberadaan mereka ya!

Lupa menghentakkan kaki

Banyak mitos populer lainnya yang menyebut sebaiknya para pendaki mengucapkan salam kemudian menghentakkan kakinya ke bumi sebanyak 3 kali sebelum mendaki Gunung Ciremai.

Tidak mengucap salam sebelum mendaki

Di setiap pos yang ada, jangan sekali-kali Anda terlewat untuk mengucap salam. Menurut mitos, itu akan dicap sebagai kesombongan oleh penghuni Gunung Ciremai. Akibatnya, makhluk tak kasat mata mungkin akan memberi Anda pelajaran karena berperilaku sombong.

Mendaki sambil mengeluh

Mitos beredar bahwa Gunung Ciremai sendiri mampu mendengar keluhan para pendakinya. Parahnya lagi, keluhan itu akan semakin memperburuk keadaan karena keluhan yang Anda ucapkan akan diberikan lebih banyak lagi dan lebih berat di sepanjang perjalanan.

Artikel ini telah tayang di halaman okezone.com dengan judul  Jangan Disepelekan, Inilah 5 Pantangan saat Mendaki Gunung Ciremai

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network