Deretan Musisi Legendaris Indonesia yang Pernah Dipenjara, Nomor 4 Karyanya Dituduh Hina Pemerintah

Raden Yusuf Nayamenggala
Iwan Fals saat KANTATA TAKWA SAMSARA menggelar Konser di Parkir Timur Senayan Jakarta, pada Senin Malam 6 Juli 1998 (Foto dokumen : instagram @iwanfalsprogram)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sederet musisi legendaris Indonesia ternyata memiliki masa lalu yang kelam. Beberapa musisi legendaris Indonesia itu pernah terjerat kasus hukum dan harus mendekam di balik jeruji besi. Salah satu musisi tersebut pernah dipenjara lantaran kasus penyalah gunaan narkoba.

Tak hanya itu, penyebab mereka terseret kasus hukum pun berbeda-beda, mulai dari kasus pencemaran nama baik hingga dituduh menghina pemerintah lewat lagu ciptaannya. Itu merupakan bukti bahwa ruang berekspresi musisi dahulu tidak sebebas seperti sekarang. Terlepas dari kasus yang pernah dialami, mereka semua tetap semangat dalam berkarya. Terbukti popularitas dan karya-karya mereka masih eksis hingga saat ini.

Penasaran siapa saja musisi legendaris yang pernah dipenjara? Berikut rangkuman iNews.id, Minggu (4/12/2022):

1. Koes Plus

Musisi legendaris yang pernah dipenjara salah satunya Koes Plus. Bisa dibilang pahit manis industri musik sudah dirasakan oleh grup band legendaris ini. Para anggota grup tersebut sempat dipenjara pada 1965. Kabarnya karena mereka dianggap 'wakil' negara barat di Indonesia. Kala itu Koes Plus kerap membawakan lagu The Beatles dan Elvis Presley. Namun, tanpa alasan yang jelas Koes Plus dibebaskan pada 29 September 1965. Meski demikian belum ada  klarifikasi dari personel Koes Plus mengenai penangkapan tersebut.

Pada 1965, Musisi Legendaris Koes Plus pernah dipenjara lantaran keberaniannya membawakan lagu-lagu barat di Tanah Air. Pasalnya, pada pemerintahan soekarno tersebut ada larangan segala bentuk peredaran musik berbau barat di Indoensia. Diketahui pada saat itu Koes Plus kerap membawakan lagu The Beatles dan Elvis Presley. Namun akhirnya pada 29 September 1965 Koes Plus dibebaskan tanpa alasan. Sampai hari ini, kejadian penangkapan musisi itu belum diketahui jelas dan belum ada klarifikasi dari pihaknya.

Editor : Iskandar Nasution

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network