Persaingan Sosial Media, Faktor 88 Persen Anak Muda Indonesia Alami Gejala Depresi

Syifa Fauziah
(Foto : Freepik)

Dalam penelitian yang sama, didapati juga bahwa hampir 96 persen remaja dan dewasa muda mengalami gejala kecemasan (anxiety) dan 88 persen di antaranya mengalami gejala depresi. Dikatakan dr. Fransisca Handy, Ketua dan Founder AKAR (Asosiasi Kesehatan Remaja Indonesia) memang banyak faktor yang bisa mengusik kesehatan mental generasi muda saat ini.

“Biasanya kesehatan jiwa dipengaruhi faktor, mulai dari tingginya tingkat stres di pekerjaan atau perkuliahan, masalah percintaan atau hubungan dengan keluarga dan teman, persaingan lewat sosial media, serta kemampuan untuk mengelola situasi dan emosi yang dirasakan,” kata dr Fransisca dalam keterangan resminya, dikutip Senin (5/12/2022).

“Remaja ini juga biasanya belum tahu cara mengelola stres dengan baik,” sambungnya.

Dokter Fransisca menambahkan, banyak anak muda berkeluh kesah di sosial media atau bercerita pada orang yang salah atau melakukan hal-hal yang terkesan membantu sesaat seperti merokok dan perilaku adiktif lainnya sebagai cara mengelola stress.

Menurutnya, masalah kesehatan jiwa alias mental ini memang masalah yang sangat kompleks dan dilematis dikarenakan stigma yang terlanjur melekat akibat kurangnya pemahaman akan isu ini. Oleh karena itu, pentingnya berhenti sejenak memberikan waktu bagi diri untuk mengenal dan mencintai diri sendiri sangat penting dilakukan.

“Kegiatan-kegiatan seperti mencari pengalaman baru melalui traveling atau eksplorasi hal-hal baru melalui aktivitas liburan dan berwisata bisa menjadi salah satu upaya mengenal dan mencintai diri yang baik,” pungkas dr. Fransisca
 

Artikel ini juga telah tayang di halaman Okezone.com dengan judul Studi: 88 Persen Anak Muda Indonesia Alami Gejala Depresi

Editor : Iskandar Nasution

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network