5 Negara Penghasil Narkoba Terbesar di Dunia, Termasuk Negara Pablo Escobar yang Kisahnya Difilmkan

Milati Azmiawati
5 Negara penghasil Narkoba terbesar di dunia termasuk negara Pablo Escobar. Wagner Moura pemeran Film Narcos sebagai Pablo Escobar. Foto Wikipedia

JAKARTAiNewsPandeglang.id - Perdagangan narkoba merupakan tindakan yang ilegal, sebab penyalahgunaan zat terlarang tersebut berbahaya bagi kesehatan masyarakat serta masalah sosial lainnya. 

Meski perdagangan narkoba merupakan perbuatan melanggar hukum, namun praktik ini sudah terjadi sejak dahulu sampai sekarang. Pasalnya, barang haram ini digadang-gadang sebagai bisnis yang sangat menjanjikan.

Menurut data laporan PBB UNODC, ada sekitar 234 juta pengguna narkoba di seluruh dunia. Mirisnya, dalam setiap tahun 200 ribu orang mati akibat narkotika. 

Lantas negara mana saja yang merupakan penghasil narkoba terbesar di dunia ?

1. Myanmar

Negara penghasil narkoba terbesar dunia yang pertama datang dari negara tetangga Indonesia, Myanmar. Negara yang berjarak sekitar 3.189  km dari Indonesia ini merupakan pemasok narkoba jenis heroin terbesar, dengan jumlah produkis opium mencapai 1.000 ton pertahun. Bahkan produksi narkoba di negara yang dulu bernama Burma tersebut mengalami kenaikan sejak kudeta militer tahun lalu.

2. Kolombia

Kolombia, dengan luas ladang 135.000 hektare menjadi pemasok kokain di seluruh dunia. Menurut laporan UNODC produksi kokain kolombia mencapai 300 sampai 400 ton. Negara yang terletak di wilayah barat laut amerika selatan ini sejak dulu memang tekenal dengan kartel-kartelnya. Salah satu gembong narkoba kolombia yang terkenal pada masanya yaitu Pablo Escobar, bahkan setelah kematiannya, lahir film - film dan serial yang terinspirasi dari kisah Pablo Escobar. Salah satunya adalah serial Film Narcos  di Netflix.

3. Maroko

Maroko merupakan salah satu negara penghasil narkoba terbesar di dunia. Negara yang berada di bagian Afrika Utara ini mampu memproduksi 1.500 ton hashis, marijuana dan ganja kering. Total luas ladang ganja yang tersebar di  Maroko mencapai sekitar 134.000 hektare. Penanaman ganja di negara yang sebagian besar wilayahnya gurun dan pegunungan terjal tersebut semakin meroket, sejak Amerika Serikat dan Meksiko melegalkan penggunaan marijuana dalam jumlah terbatas.

4. Afghanistan

 Afghanistan merupakan penghasil opium terbesar di dunia. Menurut data negara yang ada di bawah kekuasaan Taliban ini menyumbang sekitar 85 % dari produksi opium global. United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) memperkirakan bisnis opium di afghanistan meraup 1,8 milliar hingga 2,7 milliar dollar amerika.

5. Meksiko

Meksiko merupakan pemasok narkoba jenis sintetis yang banyak diminati. Produksi narkoba jenis ini cenderung lebih mudah, bisa dibuat dengan laboratorium rumahan.

Para kartel Meksiko merupakan aktor utama dalam industri perdagangan narkoba dunia, tak heran jika mereka meraup pundi-pundi uang dalam jumlah yang fantastis. 

Menurut data, polisi di Amerika Serikat pernah menggerebek 12.000 laboratorium pembuatan narkoba dan menyita sekitar 80 persen dari 144 ton Meth yang berhasil disita di seluruh dunia.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network