Mengenal Penyakit Lupus, Begini Gejala serta Cara Pengobatannya

Ayu Utami
Ilustrasi penyakit Lupus. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Penyakit lupus merupakan penyakit yang disebabkan oleh autoimun kronis. Biasanya penderita penyakit Lupus mengalami peradangan di berbagai bagian tubuh seperti sel darah, sendi, kulit, ginjal, otak hingga paru-paru.

Dalam kondisi orang normal, seharusnya sistem imun dapat melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri. Namun untuk seseorang yang terkena lupus, justru sistem imun itu menyerang sel, jaringan, dan organ tubuh yang sehat.

Berdasarkan pengamatan para ahli penyakit Lupus bisa menyerang siapa saja, namun kebanyakan penderitanya adalah perempuan. Sayang sampai saat ini penyakit lupus sangat sulit didiagnosis. Maka dibutuhkan pemeriksaan penunjang untuk memastikan, di antaranya tes lab (tes darah, tes urine, biopsi), dan pemindaian seperti rontgen. 

Berikut ini cara mengenali gejala, penyebab dan pengobatan penyakit Lupus yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022)

Gejala Penyakit Lupus

Lupus bukanlah penyakit menular, adapun beberapa pemicu munculnya gejala lupus adalah paparan sinar matahari, penyakit infeksi, atau obat-obatan tertentu.

Berikut ini gejala umum penyakit lupus:

1. Ruam di kulit

2. Mengalami kelelahan yang ekstrim

3. Nyeri dan kaku di persendian

4. Demam tanpa sebab yang jelas

5. Pucat pada jari tangan atau jari kaki

6. Sariawan

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab lupus belum diketahui secara pasti. Kombinasi dari faktor genetik dan lingkungan sering dikaitkan dengan terjadinya lupus.

Pengobatan Penyakit Lupus Penyakit lupus tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dikurangi tingkat gejala serta mencegah kerusakan organ. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan untuk mencegah munculnya gejala, dan menghambat perkembangan penyakit. 

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk menurukan atau mencegah resiko terkena lupus, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, batasi paparan sinar matahari, terutama pada siang hari. Hindari stres, berhenti merokok, olahraga secara teratur dan lakukan diet nutrisi.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network