Kisah Kenaikan Tahta Raja Mataram Hanyakrawati

Avirista Midaada
Ilustrasi pasukan Kerajaan Mataram (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Sosok Raja Mataram Hanyakrawati rupanya naik tahta gegara Panembahan Senopati menerima wangsit. Sejatinya, ada pilihan lain saat itu untuk menjabat sebagai raja.

Pangeran Hanyakrawati merupakan anak dari Panembahan Senopati dari istrinya bernama Ratu Mas Waskitajawi. Konon kepercayaan yang diberikan Senopati kepada anaknya itu didasari pada sebuah wangsit. 

Dituliskan, Raden Mas Jolang Hanyakrawati saat menjadi raja, Kerajaan Mataram akan menjadi kerajaan besar. Sebagaimana dikutip dari buku

"Tuah Mataram : Dari Panembahan Senopati Hingga Amangkurat II," dari Peri Mardiyono.  Namun sebenarnya sebelum Hanyakrawati naik tahta menjadi raja, Panembahan Senopati terlebih dahulu berjanji akan mengangkat Pangeran Pringgalaya. Dia merupakan putra Panembahan Senopati dari istrinya bernama Retno Dumilah. 

Dari garis keturunan sebenarnya Pringgalaya ini juga masih terhitung cicit Raja Demak, Sultan Trenggana. Tetapi janji pengangkatan Pringgalaya ini urung ditepati Senopati, karena menerima wangsit itu.  Pengangkatan Hanyakrawati juga dilandasi bagaimana keberhasilannya menumpas pemberontakan yang dilakukan oleh Adipati Pragola I, yang merupakan pamannya sendiri. Tetapi ketangguhan sebagai panglima perang tampaknya tidak tercermin saat menjadi raja.

Akibatnya selama pemerintahan Hanyakrawati beberapa intrik dan krisis akut terjadi di Mataram. Kenaikan tahta Hanyakrawati melahirkan sejumlah kekecewaan dari berbagai pihak. Apalagi kepemimpinan Mas Jolang juga dianggap lemah, sehingga banyak suara-suara tidak puas yang berkumandang dari para petinggi Mataram sendiri.

Gejolak pun melanda Mataram saat Hanyakrawati atau Raden Mas Jolang memimpin. Pemberontakan di daerah-daerah kekuasan yang dilancarkan kian membuat Hanyakrawati tertekan di kursi kepemimpinannya. 

Para adipati di daerah ingin segera melepaskan diri dari kekuasaan Mataram. Dua pemberontakan yang terkenal di masa kepemimpinan Raja Hanyakrawati di Mataram yakni pemberontakan Adipati Demak yang dipimpin oleh Pangeran Puger, serta pemberontakan Ponorogo, yang digerakkan oleh Pangeran Jagaraga. 

Menariknya kedua pemimpin pemberontakan itu adalah perwira militer yang mengabdi cukup setia di masa kepemimpinan Panembahan Senopati. Hanyakrawati harus menghadap saudara tirinya sendiri Pangeran Puger dalam perebutan tahta Mataram. Bahkan Pangeran Puger yang juga saudara tiri Hanyakrawati ini juga pernah menjadi pemimpin pasukan Mataram ke Surabaya, di masa kepemimpinan ayahnya Panembahan Senopati.

Satu tahun menjadi raja, Hanyakrawati tampak kerepotan mengendalikan kekuasaannya.  Beragam pemberontakan muncul, peperangan pun harus dihadapi Mataram. Di sisi lain, tuntutan untuk meluaskan kekuasaan menjadikannya dibuat kerepotan.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network