10 Aplikasi Android yang Dapat Mengurangi Kecanduan Bermain Ponsel

Cita Zanitha
Ilustrasi, Foto: Ist

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Ada 10 aplikasi Android untuk membantu mengurangi kecanduan ponsel. Ketergantungan pada ponsel nyatanya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan berdampak buruk bagi kesehatan.

Sudah banyak berita beredar mengenai dampak negatif dari kecanduan ponsel mulai dari kerusakan mata, gangguan tidur hingga kanker. Tapi masih banyak orang yang menyepelekan karena belum merasakan dampak tersebut

Dirangkum dari berbagai sumber, ada banyak cara untuk membatasi penggunaan ponsel pintar dalam kehidupan sehari-hari.

Jika dirasa sudah terlalu mengganggu, anda bisa coba mengunduh 10 aplikasi android untuk membantu mengurangi kecanduan HP seperti di bawah ini.

1. Smartphone AddictionTimer

Dengan menggunakan aplikasi ini pengguna dapat mengunci ponselnya sehingga tidak dapat dibuka sampai timer habis. Walau terbilang sederhana, jika sudah menekan tombol start pengguna tidak bisa menggunakan ponselnya sama sekali sampai ponsel terbuka sendiri.

2. UBhind

Pengguna dapat menyetel waktu penggunaan ponsel melalui aplikasi UBhind. Aplikasi ini juga akan memberikan laporan tentang penggunaan ponsel secara lengkap mulai dari perhari, perminggu hingga perbulan.

3. Forest

Aplikasi membuat hutan virtual membantu lepas dari kecanduan ponsel. Pengguna dapat merawat pohon virtual hingga tumbuh besar dengan tidak menggunakan ponsel.

Cukup nyalakan timer, pohon virtual dapat tumbuh dengan sempurna. Jika berusaha keluar dari aplikasi sebelum timer habis maka pohon akan mati.

4. BreakFree

BreakFree merupakan salah satu aplikasi yang bisa mendeteksi tingkat kecanduan terhadap HP yang digunakan. Semakin rendah frekuensi penggunaan HP maka semakin rendah pula nilai kecanduan anda pada ponsel.

5. Quality Time

Aplikasi Quality Time dapat mencatat laporan frekuensi menggunakan ponsel dalam satu hari, aplikasi yang digunakan dan berapa kuota yang telah anda habiskan.

Menggunakan aplikasi Quality Time pengguna juga dapat mengatur aplikasi apa saja yang bisa atau tidak bisa digunakan. Bahkan bisa menonaktifkan notifikasi ponsel.

6. Flipd

Flipd mengatur penggunaan HP pengguna dengan memanfaatkan fitur lockscreen. Pengguna tidak dapat menggunak ponsel selama beberapa waktu. Untuk versi gratis pengguna hanya dapat mengatur waktu sampai 30 menit saja.

7. Clear Lock

Pengguna dapat memblokir aplikasi yang dirasa mengganggu menggunakan aplikasi Clear Lock. Cukup atur timer selama 10 menit hingga 12 jam saja.

8. Space

Space bis mengatur limit durasi penggunaan ponsel keita and membukanya. Ketika anda membuat ponsel, Space langsung memunculkan durasi lamanya anda bisa menggunakan ponsel.

9. Offtime

Sering terganggu dengan notifikasi dari ponsel? Anda bisa menggunakan aplikasi Offtime untuk menahan semua notifikasi pesan, panggilan bahkan sosial media yang muncul dari ponsel sehingga tidak perlu membuat kita mengecek HP setiap saat.

10. AppBlock -Stay Focused

Pengguna dapat memblokir notifikasi atau aplikasi yang dirasa mengganggu dalam waktu tertentu. Cukup tentukan waktu, misalnya dari pukul 07.00-12.00 kemudian pilih aplikasi yang hendak diblokir.

Demikian pembahasan mengenai 10 aplikasi Android untuk membantu mengurangi kecanduan ponsel. Semoga bisa membantu.

 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network