Meninggal di Hari Jum’at, Begini Kata Buya Yahya

Rekha Rakhma
Sumber foto @buyayahya

Jakarta, iNewsPandeglang.id - Berita duka datang dari dunia politik, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022 pukul 11.10 WIB. 

Menurut agama Islam, meninggal dunia di hari Jum'at merupakan hari baik. Diketahui bahwa Jumat merupakan waktu yang diistimewakan, khususnya bagi umat Islam. Disebut juga sebagai sayyidul ayyam.

Dari Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda: "Tidaklah seorang Muslim meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat, melainkan Allah akan menjaganya dari fitnah (siksa) kubur." (HR Ahmad)

Dikutip dari Kanal YouTube Buya Yahya, Jumat (24/6/2022). Dalam salah satu kitab Imam As-Suyuthi, di mana dijelaskan tentang keutaman meninggal dunia pada Jumat, merupakan pertanda akan diampuni oleh Allah SWT.

"Kata Nabi apakah orang mati di hari Jumat akan pasti diampuni, jangan berkata pasti, karena mungkin ada dosa yang tidak bisa diampuni  oleh Allah misalnya kesyirikan, manusia kafir," kata Buya Yahya

Adapun ketika seseorang tengah menghadapi kematian sakaratul maut dan memiliki kemampuan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat, maka itu merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. 

"Sama seperti orang mati yang menuntut ilmu Insya Allah syahid kita husnuzan, sebab mati tidak bisa diminta. Jadi itu karunia dari Allah, seperti meninggal dengan bisa menyebutkan dua kalimat syahadat itu kemuliaan," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network