Keistimewaan Bersalawat Kepada Nabi Muhammad Saw di Hari Jum'at

Rekha Rakhma
Masjid Darussalam, Kota Wisata Bogor

Bekasi, iNewsPandeglang.id - Dalam agama Islam semua hari adalah wajib untuk melakukan semua ibadah tak terkecuali, dan setiap harinya memiliki keutamaan yang beragam dan berbeda-beda. Namun, hari Jum'at identik dengan keberkahan, pahala yang melimpah jika ummat Islam dapat menjalankan beberapa ibadah wajib dan Sunnah yang diutamakan dilakukan pada hari Jum'at.

 

Keistimewaan hari Jumat telah disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Hurairah. Rasulullah bersabda: ”Sebaik-baiknya hari yang padanya terbit matahari adalah hari Jumat. Pada hari itulah saat diciptakannya Adam. Dimasukkannya ia ke surga, dan dikeluarkannya dari surga.” (H.R. Muslim). 

 

Dari banyaknya keutamaan dan manfaat, iNewsPandeglang.id memilih 1 ibadah Sunnah yang dapat kita lakukan selama hari Jum'at ini, yaitu memperbanyak shalawat kepada baginda Muhammad Rasulullah SAW. Selain ibadah ini mudah diucapkan dan dapat dilakukan di mana saja. Bisa saat sedang menunggu, antre, jam istirahat atau saat sedang bekerja pun dapat dilakukan. 

 

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda: “Perbanyaklah sholawat kepadaku pada malam Jumat dan hari Jumat, barangsiapa yang bersholawat satu kali maka Allah akan bersyholawat kepadanya 10 kali.” (H.R. Baihaqi). 

 

Shalawat juga salah satu penolong terbaik bagi umat Islam di dunia maupun di akhirat berdasarkan dari beberapa riwayat. 

Editor : Iskandar Nasution

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network