get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia Kejutkan Asia! Rival-Rival Cemburu dengan Kesuksesan Garuda

Bahrain Remehkan Indonesia Lagi, Akankah Sejarah Berulang?

Minggu, 06 Oktober 2024 | 14:30 WIB
header img
Timnas Indonesia bangkit di bawah Shin Tae-yong, membuat enam negara top Asia merasa terancam. Kebangkitan ini membuka peluang lolos ke Piala Dunia 2026. (Foto : X/TimnasIndonesia)

JAKARTA, iNewsPandeglang.id Jelang laga krusial Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Timnas Indonesia kembali dihantui bayang-bayang kekalahan memalukan 10-0 dari Bahrain. Publik Bahrain tidak segan-segan mengungkit kembali momen tersebut, mengingatkan Skuad Garuda akan kekalahan telak yang terjadi di Stadion Nasional Bahrain pada 2012 silam.

Kala itu, Indonesia mengalami pukulan telak dalam Kualifikasi Piala Dunia 2014, saat mereka dihancurkan tanpa ampun oleh Bahrain dengan skor 10-0. Kekalahan besar ini masih menjadi ingatan pahit bagi para penggemar sepak bola Indonesia. Bahkan, Federasi Sepak Bola Bahrain dikabarkan masih menyimpan foto kemenangan bersejarah tersebut di kantornya, menjadikan laga ini sebagai bahan ejekan terhadap Skuad Garuda.

Namun, berbeda dengan 12 tahun lalu, Timnas Indonesia kini datang dengan semangat baru di bawah arahan Shin Tae-yong. Sumardji, salah satu petinggi sepak bola Indonesia, justru menanggapi remehannya Bahrain dengan penuh optimisme.

“Alhamdulillah kalau mereka meremehkan kita. Malah senang kalau diremehkan. Sepak bola itu tidak akan lepas dari anggapan, dan jika mereka merasa kita bukan ancaman, ya kita akan buktikan di lapangan,” ujar Sumardji di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Menurutnya, Timnas Indonesia yang kini sudah jauh berbeda dari era sebelumnya. Shin Tae-yong telah berhasil merombak wajah Garuda dengan pola permainan yang lebih disiplin dan solid. “Timnas kita ini sudah berubah, tidak seperti dulu. Jadi silakan saja remehkan, kami akan buktikan di lapangan," tambah Sumardji.

Timnas Indonesia dijadwalkan bertanding melawan Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024. Beberapa pemain yang merumput di Tanah Air telah berangkat menuju Bahrain, sementara para pemain yang berkarier di luar negeri akan menyusul dan langsung bergabung dalam sesi latihan.

Dengan semangat baru dan kekuatan yang berbeda, apakah sejarah akan berulang? Ataukah Skuad Garuda mampu membungkam anggapan remeh dan mengejutkan Bahrain di kandangnya sendiri? Laga ini tentu akan menjadi salah satu pembuktian penting bagi Timnas Indonesia.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut