get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Ribuan Ikan Naik ke Daratan di Pantai Pulomanuk Bayah Bikin Heboh, Pertanda Apa?

Jum'at, 30 Agustus 2024 | 21:14 WIB
header img
Fenomena ribuan ikan yang terdampar di Pantai Pulomanuk, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis malam, 29 Agustus 2024, telah menghebohkan media sosial dan menarik perhatian warga. Foto tangkap layar video viral

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Fenomena ribuan ikan yang terdampar di Pantai Pulomanuk, Desa Darmasari, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis malam, 29 Agustus 2024, telah menghebohkan media sosial dan menarik perhatian warga. 

Dari video beredar, ribuan ikan melompat dari laut ke darat, memberikan kesempatan langka bagi warga untuk menangkap ikan dengan mudah.

Menurut Ketua Balawista Kabupaten Lebak, Erwin Komara Sukma, fenomena ini terjadi akibat perubahan pola arus laut dan pergerakan air dingin dari kedalaman. Ia juga menjelaskan bahwa fenomena serupa telah terjadi di beberapa pantai dari Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa. 

"Proses ini menyebabkan ikan naik ke permukaan untuk mencari oksigen. Selain itu, kemungkinan adanya pergeseran lempeng di dasar laut juga dapat menyebabkan getaran dan perubahan arus," ungkapnya.

Beberapa warga menganggap peristiwa ini sebagai pertanda potensi bencana atau gempa.

Erwin mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meminta petugas siaga bencana untuk memantau situasi guna menjaga ketenangan di kawasan pantai.

Fenomena ini menimbulkan beragam spekulasi dan kekhawatiran di kalangan masyarakat, penjelasan ilmiah dapat membantu menjelaskan penyebabnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut