get app
inews
Aa Read Next : Mengungkap Kehebatan Rudal Fattah Iran: Senjata Mengerikan untuk Menyerang Israel!

Pernah Kritik Aturan Wajib Jilbab, Ini Dia Profil Presiden Terpilih Iran Masoud Pezeshkian

Sabtu, 06 Juli 2024 | 22:52 WIB
header img
Presiden terpilih Iran, Masoud Pezeshkian. (Foto : X/@drpezeshkian)

Pezeshkian sempat mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2013, namun mengundurkan diri tanpa memberikan dukungan kepada siapa pun. Pada tahun 2021, dia kembali mencalonkan diri, tetapi didiskualifikasi oleh Dewan Wali, lembaga pengawas konstitusi yang juga memeriksa para kandidat pemilihan umum.

Sebagai pengikut Syiah yang taat, Pezeshkian menguasai Nahjul Balagha, kitab berisi kumpulan khotbah dan ucapan yang dikaitkan dengan Ali bin Abi Thalib. Namun, dia juga pernah mengkritik kebijakan wajib jilbab di Iran, memperingatkan bahwa kebijakan tersebut dapat mendorong kebencian terhadap agama.

Pezeshkian dikenal terbuka untuk bernegosiasi dengan Barat dan mengkritik slogan-slogan yang menghujat negara lain, termasuk Amerika Serikat. Meski demikian, dia mendukung prinsip-prinsip Republik Islam Iran dan kebijakan yang ditetapkan oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Pezeshkian juga vokal dalam membela hak-hak kelompok minoritas di Iran, meskipun para pengkritiknya menuduhnya menuruti sentimen nasionalis di antara etnik Azeri. Tuduhan tersebut telah dibantahnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut