get app
inews
Aa Read Next : Ini Dia Deretan Sapi Termahal di Indonesia 2024, Ada yang Harganya hingga Ratusan Juta!

Jelang Idul Adha, Pemkot Cilegon Sudah Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban yang Siap Jual

Kamis, 30 Mei 2024 | 12:57 WIB
header img
Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang akan dijual. Foto Diskominfo Cilegon

CILEGON, iNewsPandeglang.id Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah, Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon telah melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan kurban yang akan dijual. Pedagang hewan kurban di Kota Cilegon memastikan bahwa hewan-hewan yang mereka jual telah menjalani proses pemeriksaan kesehatan yang ketat, sehingga dijamin berkualitas, dalam keadaan baik, dan sehat. 

Pengawas Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Cilegon, Dina Safitri, menjelaskan bahwa pemeriksaan dan vaksinasi dilakukan untuk mencegah penyakit mulut dan kuku. Hewan kurban yang masuk ke Kota Cilegon sebagian besar berasal dari Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Lampung. Tim vaksinasi DKPP Kota Cilegon bertugas memberikan vaksinasi dan obat cacing kepada peternak, dengan harapan bahwa konsumen akan mendapatkan hewan kurban yang sehat dan sesuai dengan syarat-syarat Islam, serta masyarakat yang menerimanya akan terhindar dari penyakit.

"Untuk mengantisipasi menyebarnya penyakit mulut dan kuku, DKPP melalui Tim Peternakan dan Kesehatan Hewan melaksanakan vaksinasi PMK di beberapa lokasi pemeliharaan sapi potong. Vaksinasi ini bertujuan untuk memberikan kekebalan terhadap serangan penyakit, terutama PMK," katanya. 

Menurut Syarif Hidayatullah, pemilik Pedagang Hewan Kurban Ende Asna Farm, hewan-hewan kurban yang dijualnya telah melalui kontrol dokter, termasuk pemeriksaan terhadap penyakit mulut dan kuku serta vaksinasi yang diperlukan. Ia juga memberikan garansi untuk kesehatan hewan, bahwa jika ada yang sakit atau mati, akan diganti.

"Saat ini hewan yang disediakan sapi ada sekitar 17 ekor, kerbau 6 ekor, kambing 33 ekor domba 30 ekor. Kita ada garansi untuk kesehatan hewan. Apabila sakit atau mati, akan kita ganti,” tuturnya. 

Dalam hal harga, variasi harga disesuaikan dengan jenis dan bobot tubuh hewan. Sapi-sapi jenis limousin, simental, pegon, dan madura dijual dengan harga berkisar antara Rp18,5 juta hingga Rp100 juta, sementara kerbau sekitar Rp18,5 juta, dan kambing serta domba dijual sekitar Rp 2,5 juta hingga Rp5,2 juta per ekor.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut