get app
inews
Aa Read Next : Kelola Sampah dengan Efektif, Kota Cilegon Diapresiasi Setda Kota Bukittinggi

Profil Wali Kota Cilegon yang Kini Ulang Tahun ke-25 dari Pertama Sampai Periode Sekarang

Sabtu, 27 April 2024 | 17:09 WIB
header img
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dan Edi Ariadi. Foto Wikipedia

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Profil Wali Kota Cilegon dari pertama sampai periode sekarang menarik diulas dalam artikel kali ini. Tepat pada hari ini Sabtu (27/4/2024) Kota Cilegon merayakan HUT ke-25.


Profil Wali Kota Cilegon Aat Syafaat dan Iman Ariyadi. Foto Antara/Wikipedia

 

Berikut adalah profil singkat para Wali Kota Cilegon dari periode pertama hingga sekarang dirangkum dari berbagai sumber :

1.Aat Syafaat (2000 - 2010) 
 Aat Syafaat adalah Wali Kota Cilegon pertama  sejak Kota Cilegon berdiri  pada 1999 silam. Aat menjabat  dua periode hingga Juli 2010. Informasi lebih lanjut tentang periode kepengurusan beliau tidak diketahui.

2. Iman Ariyadi (2010 - 2017)
Iman Ariyadi adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Wali Kota Cilegon selama dua periode, yakni 2010-2015 dan 2016-2021. Dilahirkan di Serang, Banten pada 10 Juli 1974, Iman memiliki latar belakang pendidikan yang solid. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah atas, ia melanjutkan studi di Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, lalu meraih gelar sarjana di Universitas Trisakti Jakarta dan magister manajemen di tahun 2011. 

Pendidikan lanjutannya adalah S3 ilmu politik di Universitas Indonesia, Depok, yang berhasil diselesaikannya dengan predikat cumlaude. Sebagai seorang politikus, Iman berhasil memimpin Kota Cilegon selama dua periode, membawa gelar doktor serta pengalaman yang luas dalam pemerintahan.

3. Edi Ariadi (2017 - 2021)
Edi Ariadi menggantikan Iman Ariyadi dan menjabat sebagai Wali Kota Cilegon dari tahun 2017 hingga 2021. Sebelum menjabat sebagai Wali Kota, beliau pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Cilegon. Edi Ariadi, lahir pada 8 Juni 1956 di Serang, memiliki perjalanan karir yang penuh perjuangan sebelum akhirnya menjadi tokoh politik yang dikenal di Kota Cilegon. Pada tahun 1981, ia sudah mengabdi sebagai tenaga honorer di Pemkab Serang, dan kemudian berhasil menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 1986.

Perjalanan karirnya semakin menanjak ketika ia dipercaya oleh mantan Walikota Cilegon, Tb Aat Syafaat, untuk menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Cilegon dari tahun 2005 hingga 2010. Sebelumnya, Edi telah menjabat sebagai Kepala Bappeda Kota Cilegon pada tahun 1999, turut berperan dalam proses pembentukan Kota Cilegon dari Kota Administratif.

Pada 25 September 2017, Edi Ariadi resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cilegon. Kemudian, pada 20 Februari 2019, ia dilantik sebagai Walikota Cilegon untuk melanjutkan sisa jabatannya sebagai Wakil Walikota setelah mendampingi Tb Iman Ariyadi sejak periode sebelumnya, tahun 2010.

4. Helldy Agustian (2021 - Sekarang)
Helldy Agustian saat ini menjabat sebagai Wali Kota Cilegon sejak tahun 2021. Beliau lahir pada tanggal 31 Agustus 1970, dan telah aktif dalam berbagai organisasi sebelum menjabat sebagai Wali Kota.

Helldy Agustian mengenyam pendidikan dasar di SD YPWKS 2 Cilegon dan SDN 7 Poso. Kemudian, pada jenjang SMP, ia bersekolah di SMP Sumbangsih Grogol, Jakarta Barat, dan melanjutkan pendidikan menengah atas di SMA 16 Slipi, Jakarta Barat.

Helldy Agustian menempuh pendidikan di Universitas Pancasila, Fakultas Ekonomi. 
Pada tahun 2011, Helldy Agustian kembali mengejar gelar sarjana, kali ini di bidang hukum di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Fakultas Hukum. Saat ini, ia sedang mengejar gelar S-2 dalam bidang hukum, menunjukkan komitmennya untuk terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya di bidang hukum.

Sebelum menjadi seorang pengusaha sukses, Helldy Agustian memulai karirnya sebagai seorang sales mobil pada tahun 1992. Dengan perjuangan yang gigih, ia menanjak dalam karirnya hingga akhirnya menjadi seorang Branch Manager di dealer mobil di Cilegon.

Selain dalam bidang bisnis, Helldy Agustian juga aktif dalam kegiatan sosial budaya. Ia merupakan Pendiri/Ketua Yayasan Suara Hati Kita dan Pembina Batik Krakatoa Cilegon. Selain itu, ia juga terlibat sebagai Pembina Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten.

Pada tahun 2024, Kota Cilegon menduduki peringkat pertama dalam Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) terbesar se-Banten, dengan UMK Kota Cilegon pada tahun tersebut mencapai Rp 4.815.102,8.

Sebagai Wali Kota Cilegon, dedikasinya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat setempat sangat diapresiasi. Semoga kontribusinya terus membawa manfaat bagi masyarakat dan kota Cilegon secara keseluruhan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut