get app
inews
Aa Read Next : 2 Pekerja Tambang Batu Bara di Bayah Lebak Masih Terjebak, Lubangnya Ada Gas Asam

Harga Bawang dan Gula Pasir Meroket, Pasar Bayah Lebak Sepi Pembeli

Kamis, 25 April 2024 | 20:27 WIB
header img
Harga bawang merah dan putih serta gula pasir yang meroket telah membuat pasar di Bayah, Lebak, Banten sepi pembeli membuat omset pedagang menurun. Foto iNews/Eman

LEBAK, iNewsPandeglang.id - Baru-baru ini harga bawang merah dan putih serta gula pasir yang meroket telah membuat pasar di Bayah, Lebak, Banten  sepi pembeli. Lonjakan harga ini mempengaruhi daya beli masyarakat, sehingga banyak yang memilih untuk menahan diri atau mengurangi dari berbelanja 

Kenaikan harga bawang merah mencapai Rp15.000 hingga Rp20.000 dari yang awalnya Rp25000 hingga Rp30.000 menjadi Rp45000 per kilogram. Sementara harga  gula pasir  naik menjadi Rp20.000 per kilogram dari sebelumnya yang berkisar Rp17.000. Harga bawang putih juga naik seperti bawang merah.

Menurut pengakuan pedagang, kenaikan harga tersebut dipicu oleh berkurangnya pasokan barang dari pasar induk, yang membuat pedagang akhirnya membeli dengan harga yang lebih tinggi dari distributor.

Tingginya harga kebutuhan pokok bisa berdampak besar pada aktivitas pasar. Pasar yang sepi dari pembeli bisa menjadi cerminan dari dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat. Pedagang juga mengeluhkan penurunan omset mereka akibat situasi ini.


Harga Bawang Merah Meroket. Foto iNews/Eman

 

"Harga barang kebutuhan pokok yang naik, seperti bawang merah Rp45 ribu sebelumnya Rp25 ribu hingga Rp30 ribu, gula pasir Rp20 ribu.Untuk penjualan menurun jadi sepi," ujar Diki salah seorang pedagang saat ditemui di Pasar Bayah, Desa Bayah Barat,  Kamis (25/4/2024).

Dia  berharap agar pemerintah dapat melakukan langkah untuk menstabilkan harga agar kembali normal. Harapan terhadap stabilitas harga adalah penting, kata dia,  untuk masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan lebih terjangkau. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut