get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Kunjungan Wisata Libur Lebaran di Lebak Melebihi Target, Intip Datanya

9 Hal yang Harus Diperhatikan agar Aman Berkendara saat Arus Balik Mudik

Sabtu, 13 April 2024 | 09:33 WIB
header img
Ilustrasi Foto Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Arus balik mudik selalu menjadi momen yang dinanti-nantikan setelah libur Idul Fitri dan ini sebentar lagi berakhir. Berikut 9 hal yang harus diperhatikan agar aman berkendara saat Arus Balik Mudik akan kami ulas dalam artikel ini.

Peningkatan aktivitas di stasiun, terminal, pelabuhan, bandara, dan jalur-jalur transportasi merupakan indikasi bahwa banyak pemudik yang sudah mulai kembali ke ibukota untuk melanjutkan rutinitas mereka. 

Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi perlu memperhatikan beberapa hal penting agar perjalanan kembali ke  kota berlangsung dengan selamat. Tentu, berikut adalah 9 hal yang harus diperhatikan agar aman saat berkendara selama arus balik mudik:

1. Periksa Kendaraan
Pastikan kendaraan dalam kondisi baik sebelum berangkat. Periksa tekanan ban, cek oli mesin, dan pastikan semua sistem kendaraan berfungsi dengan baik.

2. Kenakan Alat Pengaman
Gunakan sabuk pengaman jika berkendara mobil, dan pastikan penumpang lainnya juga mengenakannya. Untuk pengendara sepeda motor, selalu gunakan helm dan perlengkapan keselamatan lainnya.

3. Beristirahat Secukupnya
Jangan berkendara dalam keadaan lelah atau mengantuk. Istirahatlah secara teratur untuk menyegarkan pikiran dan tubuh Anda.

4. Jaga Jarak dan Kecepatan
Hindari mengemudi terlalu cepat atau terlalu dekat dengan kendaraan di depan Anda. Pastikan untuk menjaga jarak yang aman dengan kendaraan di depan Anda dan selalu menyesuaikan kecepatan Anda dengan kondisi jalan dan lalu lintas yang ada. Hal ini penting untuk memastikan keselamatan Anda dan orang lain di sekitar Anda saat berkendara.

5. Perhatikan Tanda-tanda di Jalan
Patuhi rambu-rambu lalu lintas dan tanda-tanda peringatan di jalan. Hindari jalur yang dilarang atau berbahaya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut