get app
inews
Aa Read Next : Ayo Semangat! Usir Malas Bekerja, Begini Kiat-kiat Agar Kembali Produktif usai Libur Lebaran

Hasil Sidang Isbat, Pemerintah Putuskan Hari Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada 10 April Besok

Selasa, 09 April 2024 | 19:59 WIB
header img
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah akan jatuh pada Rabu 10 April 2024. Foto iNews.id/Giffar R

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Berdasarkan hasil Sidang Isbat, pemerintah telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah jatuh pada 10 April 2024 besok. Keputusan ini diambil berdasarkan sidang isbat yang dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, pada Selasa, 9 April 2024.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan keputusan tersebut setelah sidang isbat yang dihadiri oleh berbagai unsur, termasuk pimpinan MUI, ormas Islam, akademisi, pakar astronomi, perwakilan BMKG, BRIN, Komisi VIII DPR, dan duta besar negara sahabat. "1 Syawal tahun 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu, 10 April 2024," ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas pada Selasa, 9 April 2024.

Tim rukyatul hilal atau pemantau hilal juga telah disebarkan di 134 titik pemantauan hilal di seluruh Indonesia, yang telah ditentukan Kemenag dari Sabang, Aceh sampai Merauke, Papua.

Kemenag telah menyebarkan tim rukyatul hilal atau pemantau hilal di seluruh Indonesia, dengan total 134 titik pemantauan hilal dari Sabang, Aceh, hingga Merauke, Papua.

"Jumlah titiknya (134) sama seperti pada waktu isbat Ramadhan sebelumnya," kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut