get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Kunjungan Wisata Libur Lebaran di Lebak Melebihi Target, Intip Datanya

Update : Pelabuhan Ciwandan Kembali Dipadati Pemudik pada H-2 Lebaran

Senin, 08 April 2024 | 10:36 WIB
header img
Pemudik sepeda motor saat memasuki kapal di Pelabuhan Ciwandan. Foto iNews/Iskandar Nasution

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Pada H-2 menjelang Lebaran, Pelabuhan Ciwandan di Kota Cilegon, Banten, kembali dipenuhi oleh para pemudik yang tujuannya menuju Bakauheni, Lampung. Bahkan, sejak pukul 3 pagi tadi, Senin (8/4/2024) beberapa kantong parkir sudah terisi penuh oleh pemudik sepeda motor dan puluhan kendaraan roda empat yang ikut dalam keberangkatan kapal.

Kondisi di Pelabuhan Ciwandan pada H-2, atau Senin, 8 April 2024, memperlihatkan ratusan pemudik sepeda motor sudah mengantri di kantong parkir yang disediakan oleh pihak pelabuhan sejak dini hari. Mereka berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa.


Penumpang Kapal di Pelabuhan Ciwandan. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Para pemudik sengaja melakukan perjalanan pada malam hari untuk menghindari cuaca panas di Kota Cilegon. Sesuai prediksi dari PT ASDP Indonesia Ferry, lonjakan penumpang kapal akan terjadi sejak tanggal 6 hingga 8 April 2024.

Indra, salah seorang penumpang kapal menyatakan bahwa dia sengaja datang pada malam hari agar bisa langsung naik ke atas kapal pada pagi harinya.

"Meskipun fasilitas penumpang kapal feri di Pelabuhan Ciwandan hampir sama dengan fasilitas yang ada di Pelabuhan Merak, namun kami tersebut memilih untuk duduk di atas motor dan tidak naik ke atas kapal karena kapasitas penumpang yang sudah penuh sesak dengan ribuan pemudik sepeda motor," katanya.

Kapal feri di Pelabuhan Ciwandan memiliki dua lantai dengan panjang ratusan meter yang mampu menampung lebih dari 1000 sepeda motor dan ribuan penumpang. Hal ini berbeda dengan kapal-kapal yang ada di Pelabuhan Merak yang juga membawa truk dan bus.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut