get app
inews
Aa Read Next : Viral! Tradisi Bangunkan Sahur di Pandeglang Berujung Ricuh, 4 Pemuda Terluka

9 Keutamaan Puasa Ramadan 10 Hari Kedua, Raih Ampunan hingga Pahala yang Berlipat

Jum'at, 22 Maret 2024 | 11:03 WIB
header img
Ilustrasi Freepik

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Dalam 10 hari kedua Ramadan, umat Islam diberikan kesempatan untuk meraih banyak keutamaan Puasa Ramadan dan pahala yang besar. Salah satu keistimewaan yang dianjurkan adalah memperbanyak amalan ibadah, doa, dan zikir untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Keutamaan utama pada 10 hari kedua bulan Ramadan adalah maghfirah atau ampunan. Pada pertengahan bulan Ramadan, Allah SWT memberikan ampunan kepada hamba-Nya yang berpuasa dengan ikhlas. Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya doa khusus untuk memohon ampunan Allah SWT selama periode tersebut.

Doa yang dianjurkan untuk dibaca mulai dari hari ke-11 hingga ke-20 Ramadan adalah:

"Allahummagfirli dzunuubi ya robbal 'alamiin."

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, wahai Tuhan Pencipta Semesta Alam."

Lantas seperti apa keutamaan yang terdapat pada 10 hari kedua Ramadan, berikut adalah sembilan keutamaan puasa pada hari kedua Ramadan kami rangkum dari berbagai sumber antara lain : 

1. Magfirah (Ampunan)
Pada hari kedua Ramadan, umat Muslim berkesempatan untuk memohon ampunan Allah SWT atas dosa-dosa yang telah lalu dengan berpuasa dengan ikhlas dan tulus.

2. Istikamah dalam Ibadah
Menjalankan ibadah puasa dengan istikamah selama sepuluh hari kedua Ramadan menunjukkan kesungguhan dan keteguhan hati dalam beribadah kepada Allah SWT.

3. Kemurahan dan Kebajikan
Bulan Ramadan adalah waktu yang diberkahi di mana Allah SWT melimpahkan kemurahan dan kebaikan-Nya kepada umat-Nya. Berpuasa pada hari kedua Ramadan membawa berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut