get app
inews
Aa Read Next : Viral! Tradisi Bangunkan Sahur di Pandeglang Berujung Ricuh, 4 Pemuda Terluka

8 Manfaat Makan Kolang Kaling yang Sering Jadi Takjil di Bulan Ramadan

Kamis, 14 Maret 2024 | 21:50 WIB
header img
Produsen Kolang Kaling di Lebak Banjir Pesanan, Raup Kenaikan 100% di Bulan Ramadan. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id -  Kolang-kaling memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama saat berbuka puasa. Selain mencegah dehidrasi, kolang-kaling juga membantu mengendalikan gula darah, memelihara kesehatan jantung, dan meredakan nyeri sendi. Ini adalah tambahan yang baik untuk menu berbuka puasa yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh.

Kolak memang menjadi salah satu makanan yang sering hadir selama bulan puasa sebagai takjil untuk berbuka. Kolak biasanya terdiri dari kolang-kaling dan buah-buahan lainnya seperti pisang, ubi, dan biji salak, yang direbus dengan santan dan gula merah. Selain memberikan energi setelah berpuasa seharian, kolak juga memberikan rasa segar dan kenyang saat berbuka.

Seperti diketahui, kolang-kaling berasal dari buah pohon aren dan seringkali diolah dan disajikan dengan berbagai variasi. Salah satu cara populer untuk menyajikan kolang-kaling adalah dengan mencampurnya dalam es buah yang segar, ditambahkan susu, dan mungkin berbagai jenis jelly lainnya. Ini adalah hidangan yang menyegarkan dan manis yang sering dinikmati selama bulan puasa atau sebagai camilan di waktu lain.

Kolang-kaling selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, juga memiliki beberapa manfaat kesehatan yang penting untuk diketahui. Berikut adalah 8 manfaat makan kolang kaling yang sering dijadikan takjil di bulan Ramadan dikutip dari berbagai sumber, di antaranya :

1. Mencegah Dehidrasi
Kolang-kaling memiliki banyak kandungan air yang membantu mencegah risiko dehidrasi terutama saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini penting karena tubuh cenderung kehilangan cairan selama puasa, dan konsumsi makanan yang mengandung banyak air seperti kolang-kaling dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. 

Sehingga, memasukkan kolang-kaling dalam menu berbuka puasa dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama Ramadan.

2. Mengendalikan Gula Darah
Kandungan polisakarida galactomannan di dalam kolang kaling dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

3. Memelihara Kesehatan Jantung
Konsumsi kolang kaling dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh serta mencegah penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4. Meredakan Nyeri Sendi
Kolang kaling mengandung zat antiradang yang dapat membantu meredakan nyeri sendi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut