get app
inews
Aa Read Next : 5 Amalan Malam Nuzulul Quran, Nomor 4 Pahalanya Berlipat Ganda

Hasil Sidang Isbat : Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan 1445 H Selasa 12 Maret 2024

Minggu, 10 Maret 2024 | 20:15 WIB
header img
Pemerintah telah menetapkan bahwa awal puasa 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024 dalam sidang isbat oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu, 10 Maret 2024. Foto MPI

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Pemerintah telah menetapkan bahwa awal puasa 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Keputusan ini diambil dalam sidang isbat yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada Minggu, 10 Maret 2024.

"Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, 'Menetapkan 1 Ramadhan 1445 H jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024,' dalam jumpa pers."

Sidang isbat tersebut digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kemenag, yang berlokasi di Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Sidang isbat tersebut digelar secara hybrid, menggabungkan format daring dan luring. Ini merupakan salah satu bentuk layanan keagamaan yang memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan kepastian mengenai pelaksanaan ibadah, seperti awal puasa Ramadhan.

Sidang isbat ini melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama serta dihadiri oleh para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam. Selain itu, juga melibatkan perwakilan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga anggota Komisi VIII DPR.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut