get app
inews
Aa Read Next : Gempa M4,9 Guncang Cilacap Pagi Ini

Simulasi Gempa M8,5 dan Tsunami, Warga Anyer Panik Berhamburan Cari Tempat yang Lebih Tinggi

Rabu, 28 Februari 2024 | 23:49 WIB
header img
Simulasi gempa berkekuatan M8,5 dan tsunami mengguncang wilayah Anyer, Banten, membuat ratusan warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang lebih tinggi. Foto iNews/Iskandar Nasution

ANYER, iNewsPandeglang.id - Simulasi gempa berkekuatan M8,5 dan tsunami mengguncang wilayah Anyer, Banten, membuat ratusan warga panik dan berhamburan keluar rumah untuk mencari tempat yang lebih tinggi. Meskipun hanya sebuah latihan, namun suasana kacau balau tersebut mengingatkan warga akan kengerian bencana sebenarnya yang pernah mereka alami, Kamis (28/2/2024).

Pengalaman tsunami pada tahun 2018 membuat kesadaran akan bahaya bencana semakin tinggi. Gempa di perairan Selat Sunda memicu gelombang tsunami yang menghancurkan pemukiman warga dan menimbulkan korban jiwa. 

Simulasi ini merupakan skenario penanganan bencana dengan skala 8,5 SR. Dinas Potensi Maritim TNI AL dan Pangkalan TNI AL Banten bekerja sama dengan berbagai instansi dan masyarakat setempat. Warga di Anyer dan Carita Pandeglang, yang parah terdampak tsunami pada tahun 2018, menjadi fokus simulasi ini.

Tinah  salah seorang warga, mengaku pernah merasakan tsunami pada tahun 2018 lalu. Saat itu, banyak warga berlarian mencari tempat yang lebih tinggi. "Simulasi ini hampir sama dengan peristiwa saat itu, namun kini lebih siap menghadapi bencana karena sudah dilatih oleh pihak yang berwenang," katanya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut