get app
inews
Aa Read Next : Banjir Rendam 3 Kecamatan di Pandeglang Banten

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Mobil dan Sepeda Motor Terendam Banjir agar Tetap Prima

Minggu, 04 Februari 2024 | 00:55 WIB
header img
Ilustrasi Motor terendam banjir di Cilegon, Banten Sabtu (3/2/2024). Foto Istimewa

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Musim hujan seringkali membawa dampak banjir di beberapa wilayah Indonesia khususnya di Banten. Bagi pemilik mobil ataupun sepeda motor  sangat penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat agar kendaraan tetap aman dan terjaga kinerjanya. 

Mengatasi kendaraan yang terendam banjir memang bisa menjadi tugas yang rumit, namun tindakan yang cepat dan tepat sangat penting untuk mencegah kerusakan yang lebih serius. 

Beberapa langkah pencegahan dan penanganan seperti mengangkat aki, menjaga sistem kelistrikan, dan memeriksa berbagai komponen kendaraan dapat membantu meminimalkan dampak dari paparan air banjir. 

Berikut adalah beberapa cara agar mobil dan motor tetap prima setelah terendam banjir dikutip dari berbagai sumber untuk Anda ketahui, di antaranya :

Jangan Menyalakan Mesin Secara Paksa
Hindari menyalakan mesin kendaraan jika masih dalam keadaan terendam air. Menghindari menyalakan mesin kendaraan saat masih terendam air dapat mencegah potensi kerusakan pada sistem kelistrikan. Air yang masuk ke komponen elektronik dan kabel-kabel dapat menyebabkan korsleting dan merusak berbagai bagian penting pada mobil atau motor.

Angkat Aki
Segera angkat aki kendaraan untuk menghindari korsleting dan kerusakan pada komponen listrik. Pastikan area sekitar aki kering.

Keringkan Interior
Buka pintu dan jendela kendaraan, keringkan interior menggunakan alat pengering atau biarkan terkena sinar matahari. Pastikan karpet dan permukaan interior benar-benar kering.

Periksa Sistem Kelistrikan
Setelah kering, periksa semua sistem kelistrikan seperti lampu, klakson, dan indikator lainnya. Pastikan tidak ada korsleting atau kerusakan.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut