get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Banten 2 Mei 2024 : Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah di Siang/Sore Hari, Ini Lokasinya

BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Banten Sepekan ke Depan

Senin, 29 Januari 2024 | 21:34 WIB
header img
Ilustrasi Badai Dahsyat. Foto SINDONews

Beberapa fenomena atmosfer yang terpantau, seperti penguatan aktivitas Monsun Asia dengan potensi seruakan dingin, gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah, serta pola belokan angin memanjang di wilayah Laut Jawa dan Pulau Jawa, dapat memicu peningkatan curah hujan di Provinsi Banten. 

Kondisi-kondisi ini menjadi faktor penentu dalam dinamika atmosfer yang berpotensi berkontribusi pada perubahan cuaca di wilayah tersebut.

BMKG memberikan himbauan kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, khususnya hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir, dan angin kencang. 

Daerah dengan topografi curam, bergunung, tebing, atau rawan longsor dan banjir perlu memperhatikan dampak yang dapat timbul akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang. Langkah pencegahan dan kewaspadaan di daerah-daerah tersebut menjadi penting untuk mengurangi risiko dampak yang mungkin terjadi.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut