get app
inews
Aa Read Next : Sigap Tangani Warga Terdampak Bau Kimia Menyengat, Nakes di Cilegon Diapresiasi PT Chandra Asri

Merespon Pencemaran Udara dari Pabrik Kimia di Cilegon, Begini Komentar Ahli Kesehatan

Sabtu, 20 Januari 2024 | 22:50 WIB
header img
Diduga Pembakaran Gas di Pabrik Kimia Bocor, Bau Menyengat Pencemaran Udara Teror Warga Cilegon. Foto Tangkapan Layar video media sosial

CILEGON, iNewsPandeglang.id - Ahli Kesehatan Lingkungan, dr. Dicky Budiman, menanggapi kejadian gangguan alat dan pembakaran gas di cerobong (flare stack) di pabrik PT Chandra Asri Pacific Tbk Ciwandan, Kota Cilegon. Dr. Dicky menggarisbawahi urgensi sosialisasi dampak lingkungan kepada warga sekitar. Ia menyadari bahwa polutan udara dari flaring dapat memiliki risiko kesehatan pada komunitas lokal.

Diketahui Kejadian gangguan alat dan pembakaran gas di cerobong (flare stack) yang terjadi pada pabrik kimia PT Chandra Asri Pacific Tbk Ciwandan di Kota Cilegon pada Sabtu, 20 Januari 2024, pukul 05.00 WIB.

Rekomendasi dr. Dicky melibatkan upaya mitigasi dan pencegahan dampak kesehatan dengan melibatkan perusahaan bersama toko setempat dan institusi pemerintah. Selain itu, pentingnya community health surveilans bersama puskesmas atau institusi kesehatan setempat untuk mendeteksi potensi isu kesehatan yang terkait dengan paparan selama aktivitas flaring.

Dr. Dicky Budiman menekankan bahwa tindakan seperti ini dapat menjadi sangat penting, karena dapat meningkatkan edukasi masyarakat terhadap potensi bahaya atau kejadian serupa di masa depan. Hal ini memungkinkan warga, terutama yang tinggal di dekat pabrik, untuk lebih memahami langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengatasi situasi tersebut.

“Pentingnya ada community health surveilans nya bekerjasama dengan Puskesmas atau Institusi kesehatan setempat, ini untuk mendeteksi setiap potensi isu kesehatan yang dikaitkan dengan paparan selama aktivitas flaring ini, dan tentu termasuk cek kesehatan dan skrining yang perlu dilakukan,” katanya kepada MNC Portal

Dr. Dicky Budiman menyoroti pentingnya zona hijau di sekitar pabrik sebagai langkah umum dalam melindungi lingkungan. Dengan menanam pohon di sekitar pabrik, zona hijau berperan sebagai penghalang alami yang dapat menyerap dan menyaring polutan yang dilepaskan oleh pabrik. Ini adalah tindakan proaktif untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan sekitar.

Artikel ini telah tayang di halaman okezone.com dengan judul Pabrik Kimia di Cilegon Alami Kebocoran, Ini Tanggapan Pakar

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut