get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran di TPSA Bagendung, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Gas Kimia Pabrik Diduga Bocor hingga Udara Tercemar, Warga di Cilegon Terancam

Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:50 WIB
header img
Petugas Puskesmas Grogol, Cilegon sedang mengimbau dan membagikan masker kepada warga akibat adanya pencemaran udara yang diduga akibat ada kebocoran gas kimia dari pabrik di Cilegon. Foto iNews/Isksndar Nasution

DLH Kota Cilegon telah mengirim tim lapangan untuk melakukan pendataan, sementara masyarakat diminta menutup jendela, pintu, dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Sekolah juga telah memulangkan muridnya sebagai tindakan pencegahan. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk menjaga diri, menutup jendela, dan membatasi aktivitas di luar rumah.

Petugas Puskesmas Grogol juga  yang keliling di jalan menggunakan mobil mengimbau warga adanya penyebaran bahan kimia di kawasan Gerongol yang menyebabkan aroma tidak enak dan dampak kesehatan. Puskesmas Gerongol yang telah mengambil langkah untuk memberikan informasi dan membagikan masker kepada masyarakat.

"Sekarang lagi ada penyebaran virus di udara dari bahan kimia, ya. Karena mulai terjadi aroma-aroma yang tidak enak dari bahan kimia yang menyebabkan banyak kesakitan. Nah, itu dimungkinkan ada pamparan bahan kimia di daerah sini. Dan itu terjadi pada seluruh  kawasan Gerogol," ucapnya di lokasi.

Sementara itu, pihak perusahaan dalam keterangan diterima menjelaskan bahwa pada Sabtu, 20 Januari 2024 sekitar pukul 05.00 WIB pabrik PT Chandra Asri Pacific Tbk Ciwandan, mengalami gangguan alat sehingga menimbulkan pembakaran gas di cerobong (flare stack). Penanganan masalah tersebut sedang dilakukan.

"Atas nama perusahaan, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh perihal tersebut dan kami terus berusaha menjaga agar tidak mengganggu keamanan dan kesehatan lingkungan," tulis keterangan tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut