get app
inews
Aa Read Next : Awas, Gunung Anak Krakatau Erupsi Kembali, Lontarkan Abu Vulkanik 200 Meter

Update! Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Tidak Mengeluarkan Dentuman

Minggu, 03 Desember 2023 | 20:10 WIB
header img
Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus mengalami erupsi pada Minggu (3/12/2023) ini tercatat sudah beberapa kali. Foto PVMBG

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Aktivitas Gunung Anak Krakatau terus mengalami erupsi pada Minggu (3/12/2023) ini tercatat sudah beberapa kali. Terbaru, erupsi terjadi pada pukul 19.12 WIB.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan letusan terjadi pukul 19.12  WIB  dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 m di atas puncak (± 757 m di atas permukaan laut). 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, Anggi Nuryo Saputro  menjelaskan kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut.

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 60 mm dan durasi ±  29 detik.Tidak terdengar dentuman," tulis Anggi dalam laporannya kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Anggi mengimbau kepada masyarakat, nelayan dan wisatawan dihimbau tidak beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III. 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut