get app
inews
Aa Read Next : Awas, Gunung Anak Krakatau Erupsi Kembali, Lontarkan Abu Vulkanik 200 Meter

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi dan Lontarkan Abu Setinggi 700 Meter

Sabtu, 02 Desember 2023 | 11:59 WIB
header img
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi kembali hari ini Sabtu (2/12/2023). Foto PVMBG

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi kembali hari ini Sabtu (2/12/2023). Gunung yang berada di Selat Sunda ini terus mengeluarkan abu vulkanik setinggi 700 meter sekitar pukul 11.21 WIB.

"Telah terjadi erupsi G. Anak Krakatau, Lampung pada tanggal 02 Desember 2023 pukul 11:21 WIB dengan tinggi kolom abu teramati ± 700 m di atas puncak (± 857 m di atas permukaan laut)," tulis PVMBG dalam keterangan resminya.

Disebutkan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 13 mm dan durasi ± 1 menit 55 detik. Meski demikian, tidak terdengar dentuman.

Laporan disusun oleh Anggi Nuryo Saputro, petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Anggi mengimbau kepada masyarakat, nelayan dan wisatawan untuk tidak mendejkat atau beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung berapi tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut