get app
inews
Aa Read Next : Gempa Sumur Banten Pagi Ini : Magnitudo 4.6 Terasa di Enam Lokasi, BMKG Beri Peringatan

Jaga Habitat Agar Tidak Punah, Bocah Pesisir Pantai Pandeglang Diedukasi Cara Bikin Rumah Lobster

Selasa, 28 November 2023 | 11:16 WIB
header img
Demi melestarikan habitat lobster di Pandeglang, Banten bocah-bocah di pesisir pantai diedukasi cara membangun rumah lobster yang diletakkan di habitat lobster. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Demi melestarikan habitat lobster di Pandeglang, Banten  bocah-bocah di pesisir pantai diedukasi cara  membangun rumah lobster yang diletakkan di habitat lobster. Hal itu bertujuan untuk menjaga habitat lobster agar tidak punah.

Aneka jenis lobster yang sedang bertelur dilepasliarkan di karang buatan tersebut agar nantinya anak cucu mereka meraup hasil dari berkembangbiaknya lobster di daeranya.


Keterangan foto dari kiri ke kanan Risno bersama Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, penggagas rumah lobster. Foto iNews/Iskandar Nasution

 

Diketahui, di kawasan perairan banten dikenal sebagai habitatnya udang batu atau lobster seperti di kawasan Tanjungjaya, Kecamatan Panimbang, Banten ini. Banyak nelayan yang kini beralih profesi sebagai pemburu hewan bercangkang keras ini. Maraknya perburuan tidak sebanding dengan perkembangbiakan lobster itu sendiri.

Agar lobster dapat terus hidup dan berkembang,  warga memberikan edukasi kepada anak-anak tentang bagaimana menjaga kelestarian lobster  dengan membuat terumbu karang buatan. Terumbu karang yang terbuat dari semen dengan bentuk lonceng tersebut, biasanya sangat disukai lobster.

Dengan dibantu pihak TNI,budidaya alami dengan metode pembuatan rumah bagi lobster diharapkan dapat membuat lobster bisa berkembang biak dengan pesat. Warga juga membawa pakan lobster berupa kerang laut yang nantinya akan ditempatkan di terumbu karang buatan tersebut.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut