get app
inews
Aa Read Next : Gempa Sumur Banten Pagi Ini : Magnitudo 4.6 Terasa di Enam Lokasi, BMKG Beri Peringatan

Update! Air Sungai di Pantai Carita Hitam Pekat Diduga Tercemar

Selasa, 24 Oktober 2023 | 08:48 WIB
header img
Air sungai yang bermuara ke Pantai Carita berwarna hitam diduga tercemar. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Sudah lima hari lamanya, kondisi aliran sungai di Desa Sukajadi, Carita, Pandeglang, Banten berwarna hitam dan terlihat kotor. Aliran sungai tersebut bermuara ke pantai hingga membuat pemandangan di sekitar pantai menjadi tidak lagi indah diduga air sungai tercemar.

Kondisi tersebut membuat para wisatawan merasa terganggu dengan adanya aliran sungai yang berwarna hitam pekat  tersebut. Mereka khawatir aliran sungai membawa dampak negatif saat mereka berenang di pantai.

Pihak desa memastikan tidak ada dampak negatif, dari dugaan pencemaran air sungai tersebut. Sebab, di sekitar sungai tidak ada pabrik ataupun pemukiman padat penduduk.

Biasanya aliran sungai yang berasal dari hutan sangat jernih. Aliran sungai tersebut bermuara ke pantai carita. Di mana biasanya menjadi tempat berwisatanya para pengunjung pantai.

Fajar salah seorang wisatawan asal Bogor mengatakan,  melihat kotornya aliran sungai membuat pengunjung cemas, mereka berharap pihak terkait segera melihat kondisi tersebut dan mencari solusi agar pantai tidak tercemari oleh apapun bentuknya.

"Apalagi Pantai Carita dikenal memiliki pantai yang indah dengan pasir putih yang luas," ucapnya saat ditemui di lokasi, Senin (23/10/2023).

Ungkapan senada juga disampaikan juga oleh komunitas peduli Pariwisata Carita pihaknya sangat mengeluhkan dengan air sungai yang diduga tercemar ke wilayah Pantai Carita.
 
Sementara itu, Kepala Desa Sukajadi Sandi Wyasa sangat menyayangkan jika benar terjadi limbah yang mencemari aliran sungai, namun  menurutnya, didaerah sekitar tidak ada pabrik atau pemukiman padat penduduk. 

"Dipastikan air sungai kotor tersebut tidak berdampak negatif terhadap para wisatawan yang mandi di pinggir pantai," tuturnya.

Sampel air yang diduga limbah berbahaya tersebut sudah diambil dan dibawa ke pihak Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Pandeglang. Namun hingga saat ini belum ada hasil apakah air tersebut berbahaya atau tidak.

Warga berharap pihak terkait segera merilis hasil akhir dari pemeriksaan kondisi air tersebut dan pihak yang membuang limbah dapat segera diketahui.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut