get app
inews
Aa Read Next : Wujudkan Komitmen Peduli Lingkungan dan Masyarakat, PT TCI Pekerjakan 50 Warga Lokal

Doakan Warga Palestina, Puluhan Santri Lebak Kibarkan Bendera Palestina dalam Festival Hari Santri

Minggu, 22 Oktober 2023 | 21:38 WIB
header img
Doakan Warga Palestina, Puluhan Santri Lebak Kibarkan Bendera Palestina dalam Festival Hari Santri Nasional 2023. Foto iNews/Iskandar Nasution

LEBAKiNewsPandeglang.id - Ribuan santri di Lebak, Banten meramaikan Festival Hari Santri Nasional 2023 yang digelar di Alun-alun Rangkasbitung, Minggu (22/10/2023). Kemeriahan acara diramaikan dengan berbagai event karnaval santri, istigosah akbar dan lainnya, bahkan kibaran bendera Palestina ikut mewarnai perhelatan ini.

Sedikitnya 10 ribu santri mengikuti ajang ini yang digelar sekaligus menjalin tali silaturahmi para santri dari beberapa pondok pesantren yang ada di Kabupaten Lebak, Banten.

Dalam rangkaian acara santri nasional tersebut tampak puluhan santri membawa serta bendera Palestina. Selain mendoakan para korban perang yang telah tiada, mereka juga mengibarkan bendera tersebut sebagai wujud rasa persaudaraan antara sesama umat muslim warga Palestina di tengah agresi militer Israel saat ini.

Mulyadi Supriatna salah seorang peserta mengatakan, para santri membawa bendera Palestina karena saat ini negara Palestina sedang berduka akibat perang yang terjadi di sana. Ribuan warga Palestina tewas dalam serangan Israel.

Karena itu kata Mulyadi, ribuan santri di Kabupaten Lebak mendoakan warga Palestina agar terhindar dari konflik berkepanjangan dengan Israel.

"Agar semua santri tahu bahwa umat Islam di Palestina saat ini sedang kena musibah, jadi saya berharap para santri dan umat Islam khususnya yang ada di Lebak bisa ikut mendoakan," ucapnya.

Pada kesempatan terpisah, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya menyambut gembira karena antusias para santri untuk mengikuti acara Hari Santri Nasional ke-8 tahun ini.

"Sebanyak 10 ribu santri dari berbagai wilayahbdi Kabupaten Lebak ikut serta dalam rangkaian acara ini," ujarnya.

Acara puncak dalam perhelatan ini yakni murak liwet atau makan nasi liwet bersama para santri dengan alas daun pisang.

 

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut