get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Banten 2 Mei 2024 : Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah di Siang/Sore Hari, Ini Lokasinya

BMKG Ingatkan Waspada Potensi Banjir Rob Pada 2 Agustus 2023 di 10 Pesisir Termasuk di Banten

Senin, 31 Juli 2023 | 00:41 WIB
header img
Ilustrasi Banjir Rob di Teluk Labuan, Pandeglang, Banten. Foto dok. iNewsPandeglang.id

JAKARTA, iNewsPandeglang id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat agar waspada terkait potensi banjir pesisir atau rob di 10 wilayah pesisir Indonesia. Peringatan tersebut dikeluarkan BMKG pada Minggu (30/7/2023).

Dalam keterangan yang diterima, menurut BMKG potensi banjir pesisir atau rob  diakibatkan adanya fenomena fase bulan purnama (full moon) pada 1 Agustus 2023 bersamaan dengan perigee  (jarak terdekat bulan ke bumi).

"Pada 2 Agustus 2023, berpotensi meningkatkan ketinggian air laut maksimum (pasang)," tulis keterangan tersebut dikutip.

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia yakni di  Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Kepulauan Riau,Pesisir Jawa Timur, Pesisir Banten, Pesisir Bali,Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Maluku, Pesisir Papua Selatan dan Pesisir utara DKI Jakarta.

Potensi banjir pesisir  ini berbeda waktu  di tiap-tiap wilayah yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,  serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG".

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut