get app
inews
Aa Read Next : Gempa Sumur Banten Pagi Ini : Magnitudo 4.6 Terasa di Enam Lokasi, BMKG Beri Peringatan

Intip Tradisi Perayaan 10 Muharram Bikin Bubur Asyura di Sekolah Dasar Pandeglang

Jum'at, 28 Juli 2023 | 18:14 WIB
header img
Puluhan orang tua siswa SD Negeri 2 Pagadungan, Pandeglang, Banten membuat Bubur Asyura di lingkungan sekolah dalam peringatan 10 Muharram atau Hari Asyura. Foto iNews/Iskandar Nasution

PANDEGLANG, iNewsPandeglang.id - Puluhan orang tua siswa  SD Negeri 2 Pagadungan, Pandeglang, Banten membuat Bubur Asyura di lingkungan sekolah. Kegiatan ini sudah rutin dilakukan dan akan terus meregenerasi ke anak didik sekolah pada momen peringatan 10 Muharram atau Hari Asyura.

Pantauan di lokasi pada Jumat, (28/7/2023) tampak antusias  puluhan orang tua siswa di SD Negeri 2 Pagadungan yang berada di Kecamatan Karang Tanjung membuat Bubur Asyura. Pembuatan bubur secara serempak di lingkungan sekolah ini dalam rangka memperingati hari ke sepuluh bulan Muharram dalam Kalender Islam.

Dalam kegiatan tersebut, selain membuat Bubur Asyura, para orang tua siswa juga membuat berbagai jenis bubur, seperti bubur sum-sum yang indentik dengan rasa yang manis.

Salah satu orang tua siswa, Siti Rahmawati mengatakan,  pembuatan Bubur Asyura ini merupakan sebuah tradisi untuk memperingati hari ke sepuluh bulan Muharram.

"Sudah tradisi pada 10 Muharram ini adapun untuk bahan-bahan Bubur Asyura sendiri terdiri dari beras dan campuran tujuh jenis kacang-kacangan," ucapnya.

Sementara Mulyanah, Kepala sekolah SD Negeri 2 Pagadungan mengatakan, kegiatan memperingati hari ke sepuluh bulan Muharam ini sengaja digelar di sekolah untuk memberikan edukasi agar para siswa mengetahui tradisi ini.

"Para siswa agar mengetahui tradisi ini sebagai edukasi. Nantinya bubur yang dibuat di SD Negeri 2 Pagadungan ini akan dibagikan selain kepada para siswa juga bubur tersebut akan diberikan kepada fakir miskin yang ada di wilayah ini," tuturnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut