get app
inews
Aa Read Next : Sengkarut Al Zaytun Akan Diumumkan Menko Polhukam Besok

Kabupaten Subang Utara Disetujui Masuk 9 Daerah Otonom Baru di Jabar, Ini Harapan RK

Rabu, 28 Juni 2023 | 12:25 WIB
header img
Kabupaten Subang Utara Disetujui Masuk 9 Daerah Otonom Baru di Jabar, Ini Harapan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Foto IG @ridwankamil

BANDUNG, iNewsPandeglang.id - Rapat Paripurna DPRD Jabar yang digelar di Bandung pada Selasa (27/6/2023) menyetujui Kabupaten Subang Utara menjadi Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB). Dengan disetujuinya Pemekaran wilayah itu Pemerintah Provinsi dan DPRD Jawa Barat kini sudah ada 9 daerah yang diusulkan menjadi daerah otonom baru yang diusulkan ke pemerintah pusat. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa satu daerah di Provinsi Jawa Barat yakni Kabupaten Subang Utara telah disetujui  sebagai wujud aspirasi semua pihak.

Ridwan Kamil menyebut dengan adanya usulan pemekaran di  Kabupaten Subang ini kini  ada 9 daerah otonomi baru yang diusulkan Pemprov dan DPRD Jabar ke Pemerintah pusat.

Menurutnya sembilan usulan CDPOB dari Jawa Barat yakni Tasikmalaya Selatan, Cianjur Selatan, Garut Utara, Kabupaten Sukabumi Utara, Garut Selatan, Bogor Barat, Kabupaten Bogor Timur, Kabupaten Indramayu Barat dan Kabupaten Subang Utara. 

“Alhamdulillah kini ada satu daerah CDPOB baru yakni Kabupaten Subang Utara sudah kita setujui, tadi dihadiri tokoh dan forum koordinasi pemekaran Pantura Subang, ini adalah aspirasi yang diwujudkan semua pihak,” kata Ridwan Kamil seperti dilansir dari iNewsBandungraya.id

Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jabar ini berharap pemerintah pusat bisa segera mencabut kebijakan penangguhan pencabutan Daerah baru. 

Sementara Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat mengatakan provinsi yang memiliki populasi kurang lebih 50 juta jiwa seharusnya memiliki Kabupaten atau Kota berjumlah lebih dari 27. 

“Jawa Barat dengan penduduk hampir 50 juta, jumlah Kabupaten Kota hanya 27. Sementara Jateng 35 Kabupaten Kota dan Jatim 38,” ujarnya.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut