get app
inews
Aa Read Next : Tak Masalah ART Belum Balik, Ini Strategi Jitu atasi Pekerjaan Rumah

Tips Jitu Agar Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran Naik Kendaraan Pribadi, Begini Caranya

Jum'at, 14 April 2023 | 08:36 WIB
header img
Ilustrasi Kendaraan Pemudik di Pelabuhan Merak Terpantau Mulai Ramai. Foto iNews TV/Iskandar Nasution

JAKARTA, iNewsPandeglang.id - Memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi bagi sebagian orang tak jarang banyak dilakukan terlebih bisa mengajak keluarga untuk pulang kampung bertemu sanak famili. Apalagi pada kenyataanya, jalur mudik terutama jalur darat seperti  mobil pribadi adalah salah satu alternatifnya.

Seperti diketahui  masyarakat Indonesia saat menjelang Hari Raya Idul Fitri tiba yang kian dekat  arus mudik lebaran banyak warga yang berbondong-bondong menuju kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi. Hal tersebut dinilai untuk menghemat biaya, terlebih  harga tiket transportasi umum yang mulai naik.

Agar mudik Anda aman dan nyaman  beberapa cara ini akan kami ulas dalam artikel ini. Ada beberapa  tips aman dan nyaman saat pergi mudik lebaran dengan kendaraan pribadi yang dibagikan oleh  Gaib Maruto Sigit selaku Jurnalis dan Pemimpin Redaksi MNC Radio Network dalam acara Podcast Aksi Nyata Partai Perindo bertajuk ‘Tips Mudik Aman, Asik Sepanjang Perjalanan’. 

So, persiapan apa saja yang perlu diketahui sebelum melakukan perjalanan mudik  dengan mobil pribadi? Berikut ini cara aman dan nyaman saat mudik lebaran naik kendaraan pribadi yang berhasil dirangkum dikutip dari iNews.id  pada 
pada Jumat, (14/4/2023).

Tentukan Waktu Mudik

Cara yang pertama adalah  menentukan waktu mudik. Gaib menututkan ada baiknya masyarakat mengerti kondisi padatnya jalanan jelang mudik lebaran ini.

Karena itu, ada baiknya untuk mengatur waktu mudik disarankan juga tidak berpergian di hari dekat dengan hari raya Idul Fitri.

“Dengan jumlah pemudik sebanyak itu, orang bergerak secara bersamaaan, jadi yang harus dicari adalah timing-nya. Jika mau naik kendaraan pribadi, waktunya harus pas. Timing itu penting, dan harus cari informasi juga seputar jalanan mudik,” kata Gaib, dalam Live Streaming Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, bertajuk ‘Tips Mudik Aman, Asik Sepanjang Perjalanan’, Kamis (13/4/23).

Service Kendaraan Pribadi secepatnya

Memilih mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi artinya Anda juga perlu memastikan kondisinya baik dan prima. Maka dari itu,  secepatnya  melakukan perbaikan pada kendaraan Anda  sejak jauh-jauh hari.

“Kendaraan pribadi kita, jangan baru dua hari mau mudik baru ke bengkel. Seminggu sebelum mudik, cek segala macam. Itu harus jauh-jauh hari dipastikan,” Gaib.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut