get app
inews
Aa Read Next : Bukan di Puncak, Ini Bukit Sinyonya, Camping Groud Favorit Terbaru di Pandeglang Banten

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Ketinggian Abu 600 Meter

Rabu, 29 Maret 2023 | 01:13 WIB
header img
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di Selat Sunda kembali mengalami erupsi pada Rabu, (28/3/2023). Ketinggian erupsinya melontarkan abu vulkanik hingga 600 meter. Foto PVMBG

BANTEN, iNewsPandeglang.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan aktivitas Gunung Anak Krakatau (GAK) yang ada di Selat Sunda kembali mengalami erupsi pada Rabu, (29/3/2023). Ketinggian erupsinya melontarkan abu vulkanik  hingga 600 meter dari atas puncak.

"Terjadi erupsi G. Anak Krakatau pada hari Rabu, 29 Maret 2023, pukul 00:41 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 600 m di atas puncak (± 757 m di atas permukaan laut)," tulis PVMBG dalam keterangan resminya.

Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal ke arah barat daya. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 70 mm dan durasi 25 detik.

Laporan itu disusun oleh oleh, Deny Mardiono, A.Md., petugas pos pantau GAK di Pasauran, Kabupaten Serang, Banten, kemudian diunggah ke Magma Indonesia, aplikasi resmi milik Kementrian ESDM.

Masyarakat, nelayan dan wisatawan dihimbau tidak beraktifitas dalam radius 5 kilometer dari gunung. Gunung berapi yang berlokasi di perairan Selat Sunda itu berstatus Siaga atau Level III. 

Sebelumnya  erupsi terjadi  pada Selasa, (28/3/2023) telah beberapa kali erupsi dengan ketinggian abu vulkanik hingga 2500 meter.

Editor : Iskandar Nasution

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut