get app
inews
Aa Read Next : Cuaca Banten 2 Mei 2024 : Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah di Siang/Sore Hari, Ini Lokasinya

BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan Landa 25 Wilayah Termasuk Banten

Kamis, 23 Februari 2023 | 09:49 WIB
header img
Cuaca Ekstrem di Cirebon, Sebuah Papan Reklame di Kecamatan Losari, Porak-poranda diterjang Angin Kencang. Foto : Tangkapan Layar

JAKARTA, iNewsPandeglang.id -  Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) wilayah 2 Banten mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca ekstrem sepekan ke depan hingga 28 Februari 2023. Potensi cuaca buruk tersebut berlaku di 25 wilayah Indonesia termasuk di wilayah Banten.

Menurut BMKG peringatan dini tersebut dikeluarkan usai memonitor  diterbitkan perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia. 

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto bahwa saat ini cuaca  terjadi dari signifikansi dinamika atmosfer yang berdampak pada potensi peningkatan curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia.

“Potensi cuaca ekstrem ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang mendukung pembentukan awan hujan lebih intensif dalam beberapa waktu ke depan, di antaranya aktivitas Monsoon Asia yang menguat,” ucapnya dikutip dari MNC Portal, Kamis (23/2/2023).

Tak hanya itu saja, cenderung indikasi aktifnya seruakan dingin dari Asia serta adanya pusat tekanan rendah di perairan barat Australia dan pola sirkulasi angin yang terbentuk di sekitar wilayah Indonesia.

“Kemudian membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan memaksimalkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan,” ungkapnya 

Lantas 25 wilayah  mana saja yang dimaksud?.  Berikut ini wilayah yang berpotensi cuaca ekstrem  untuk periode sepekan ke depan hingga 28 Februari 2023 perlu diwaspadai potensi hujan sedang hingga lebat antara lain : 

1. Sumatra Utara

2. Sumatra Barat

3. Riau

4. Kepulauan Riau

5. Bengkulu

6. Sumatra Selatan

7. Lampung

8. Kepulauan Bangka Belitung

9. Banten

Editor : Iskandar Nasution

Follow Berita iNews Pandeglang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut